website statistics
28.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 11:37:48 WIB

Tahu Biasa dan Tahu Sutera: Bahannya Mirip, Kandungan Gizinya Berbeda

Depok | detikNewsTahu merupakan makanan yang populer di Indonesia dan sering dijadikan bahan serbaguna dalam berbagai masakan seperti tahu goreng, tumis, dan campuran sayur. Terbuat dari kacang kedelai, mirip dengan tempe, tahu dibuat dengan menggiling kacang kedelai menjadi seperti pasta. Dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, menjadikannya alternatif yang cocok untuk pola makan vegan.

Tahu hadir dalam berbagai jenis, dengan dua yang paling populer di Indonesia adalah tahu biasa dan tahu sutra, yang ditandai dengan warna putih atau kuningnya.

Tahu sutra memiliki tekstur yang sangat halus, mirip dengan kain sutra. Rasanya creamy dan mudah hancur saat dimasak. Sebaliknya, tahu biasa memiliki tekstur yang lebih keras dan kokoh, sehingga cocok untuk tumisan, campuran sayuran, dan deep-frying, karena tidak mudah pecah.

Baca juga:  Pentingnya Mengetahui Cara Menyembuhkan Luka Bakar di Keluarga Anda

Namun apakah ada perbedaan kandungan gizi antara tahu sutera dan tahu biasa, mengingat bahan utamanya sama? Menurut Tasting Table (7/6), kedua jenis tahu ini memang memiliki komposisi gizi yang berbeda meski bahan dasarnya sama.

Tahu sutera memiliki kandungan air yang lebih tinggi, yang mengurangi konsentrasi makronutriennya. Ini juga mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan tahu biasa, dengan 61 kalori per 100 gram.

Baca juga:  Jambu Biji: Keajaiban Buah yang Melimpah Manfaat, Melindungi Tubuh dari Penyakit

Sebaliknya, tahu biasa memiliki kandungan kalori yang relatif tinggi, yaitu 144 kalori per 100 gram.

Kandungan protein pada tahu sutera juga lebih rendah. Meski memiliki kandungan air yang tinggi, ternyata tahu sutera memiliki kandungan natrium yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahu biasa.

Kedua jenis tahu tersebut memiliki kadar asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi. Mereka juga merupakan sumber vitamin A, C, E, dan kalsium yang baik.

Tahu biasa, bagaimanapun, mengandung empat kali jumlah besi yang ditemukan dalam tahu sutra. Ini juga merupakan sumber vitamin B1, B2, dan B5 yang baik.

Baca juga:  Kombucha: Rahasia Manfaatnya bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Sementara tahu sutra dan tahu biasa memiliki bahan utama yang sama dan menawarkan manfaat nutrisi yang serupa, ada perbedaan mencolok dalam komposisi nutrisi spesifiknya. Tahu sutera memiliki kandungan air yang lebih tinggi serta kandungan kalori dan protein yang lebih rendah dibandingkan dengan tahu biasa. Di sisi lain, tahu biasa memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi, zat besi yang jauh lebih banyak, dan mengandung vitamin B tambahan. Kedua jenis tahu ini memberikan nutrisi penting dan dapat dimasukkan ke dalam diet seimbang berdasarkan kebutuhan dan preferensi nutrisi individu. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait