website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 17:00:47 WIB

Terjadi Bencana Tanah Longsor di Puncak Bogor, 3 Rumah Warga Mengalami Kerusakan Akibatnya

Bogor | detikNews – Bencana tanah longsor telah terjadi di kawasan Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Tanah longsor tersebut disebabkan oleh hujan deras dengan durasi yang cukup lama yang menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) jalan longsor.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, menjelaskan bahwa bencana ini terjadi pada Minggu (7/5) kemarin. Setelah menerima laporan, petugas BPBD langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

Baca juga:  Tingkatkan Lulusan Inovatif, Universitas Pertamina Kuatkan Sinergi Penta Helix

Sesampainya di lokasi, petugas melakukan asesmen kebencanaan dan mengetahui bahwa material longsoran telah merusak tiga rumah yang berada di bawah TPT. Satu rumah mengalami kerusakan sedang dan dua rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.

Menurut Aris, rumah-rumah tersebut sudah ditempati kembali oleh pemiliknya, dan material longsor sedang dibersihkan oleh pemilik rumah. Namun, hasil analisis anggota di lokasi menunjukkan bahwa penanganan lebih lanjut dari dinas terkait masih diperlukan.

Baca juga:  Hadiri Raker dan Silahturahmi Tahun 2023 Yang Digelar APSJB, Ini Pesan Kepala DKPP Jawa Barat

Bencana tanah longsor merupakan bencana alam yang cukup sering terjadi di daerah-daerah yang memiliki kontur tanah yang tidak stabil. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu waspada dan siap menghadapi bencana alam, terutama saat musim hujan tiba. Masyarakat juga perlu menjaga lingkungan sekitar agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah akibat bencana alam seperti tanah longsor.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait