website statistics
28.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 12:19:29 WIB

Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 4,6 di Batang, Jawa Tengah: Kronologi dan Dampaknya

Batam | detikNews – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4,6 mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Selasa (25/7/2023) pukul 20.56 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi mengenai gempa ini melalui akun Twitter resminya. Episentrum gempa berada di laut, tepatnya berjarak 68 km timur laut Batang-Jateng.

Gempa ini tercatat berada pada kedalaman 550 km dengan koordinat geografis titik pusat gempa berada pada 6,34 derajat Lintang Selatan (LS) dan 109,95 derajat Bujur Timur (BT). Sampai saat ini, belum ada laporan mengenai dampak dari gempa ini, mengingat informasi yang diberikan oleh BMKG mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang lebih lengkap.

Baca juga:  Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 4,6 Guncang Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Dalam menghadapi situasi seperti ini, penting bagi masyarakat di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi dari sumber resmi seperti BMKG. Gempa bumi sering kali diikuti oleh guncangan susulan, oleh karena itu, perlu diambil langkah-langkah pencegahan dan kewaspadaan yang tepat untuk mengurangi risiko kerusakan dan cedera.

Perlu diingat bahwa gempa bumi adalah fenomena alam yang kompleks, dan pemantauan dan analisis lebih lanjut dari para ahli akan membantu memahami dampak yang lebih akurat dari peristiwa ini. Semoga tidak ada kerusakan serius atau korban akibat gempa ini, dan masyarakat tetap siap menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait