website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 20:19:04 WIB

Terjadi Gempa Susulan Magnitudo 5,2 di Sumur Banten: Update Terbaru

Banten | detikNews – Pada Rabu (10/5/2023), Sumur, Banten dilanda gempa susulan dengan kekuatan magnitudo (M) 5,2. Informasi ini disampaikan oleh BMKG melalui akun Twitter-nya. Pukul 17.48 WIB, gempa terjadi dan pusat gempa berada di koordinat 6,56 LS-104,83 BT dengan kedalaman 10 Km.

Meskipun gempa ini cukup kuat, BMKG memastikan tidak adanya potensi tsunami yang mungkin terjadi akibat gempa ini. Sebelumnya, pada siang hari di Sumur juga terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 5,2.

Baca juga:  Juara I FTBI Tingkat Provinsi Jawa Barat, Siswa Asal Jatijajar Diapresiasi IBH

Kegiatan gempa bumi di Indonesia memang tidak dapat dihindari mengingat Indonesia berada pada cincin api Pasifik. Sebagai negara yang berada pada daerah tektonik aktif, Indonesia memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mengalami gempa bumi. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mematuhi protokol keselamatan saat terjadi gempa bumi.

Baca juga:  Buka Puasa Bersama: MT Qurrota Ayun dan SWI Depok Memperkuat Sinergi Wartawan

Namun, di sisi lain, para ahli juga menyarankan untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan gempa bumi dengan mengetahui tindakan yang harus dilakukan selama dan setelah terjadi gempa bumi. Beberapa tindakan tersebut meliputi mencari tempat yang aman dan stabil selama gempa terjadi, serta keluar dari bangunan setelah gempa berhenti. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi pada manusia dan lingkungan sekitar.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait