website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 17:48:21 WIB

Tiga Partai Besar Resmi Bentuk Koalisi Perubahan, Usung Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden 2024

Jakarta | detikNews – Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera secara resmi dibentuk di Sekretariat Perubahan, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Koalisi ini mengusung Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Pengumuman pembentukan koalisi dilakukan di Sekretariat Perubahan yang terletak di Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sudirman Said, koordinator dari Tim Anies Baswedan mengatakan, bahwa Ketua Umum dari Ketiga Partai tersebut telah menandatangani Piagam Koalisi.

Menurut Sudirman, dengan ditandatanganinya Piagam tersebut secara resmi Ketiga Partai sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Piagam koalisi telah ditandatangani oleh Surya Paloh (NasDem), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), dan Ahmad Syaikhu (PKS).

Baca juga:  Choky Sitohang: Panggilan Hatinya untuk Melayani Masyarakat Melalui Politik

“Dengan piagam itu, secara formal tiga partai secara bulat mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden. Ditandatangani oleh Surya Paloh (NasDem), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), dan dilengkapi Ahmad Syaikhu (PKS)”, ucap Sudirman di Sekretariat Perubahan, Jum’at, 24 Maret 2023.

Koalisi ini diberi nama resmi ‘Koalisi Perubahan untuk Persatuan’. Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem dan perwakilan dari tim kecil koalisi menjelaskan, bahwa penandatanganan piagam ini merupakan bukti bahwa koalisi ini telah resmi terbentuk.

Willy juga menjelaskan, bahwa Koalisi Perubahan saat ini sedang mematangkan dan menggodok nama Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Anies. Setelah mendengarkan aspirasi dan berdialog dengan masyarakat, Koalisi Perubahan akan melakukan deklarasi secara formal dan mengumumkan Calon Wakil Presiden.

Baca juga:  Menuju Pemilu 2024, Golkar Luwu Utus Wakil Ketua Bidang MPO Ikut Dikpol dan Rakorda MPO Golkar Sulawesi Selatan Tahun 2022

“Kami akan melakukan deklarasi bersama ketika sudah Dwi Tunggal’, ungkap Willy.

Menurut Sohibul Iman, Wakil Ketua Majelis Syura yang juga perwakilan tim kecil koalisi, penandatanganan piagam koalisi ini menjawab pertanyaan publik mengenai keabsahan koalisi. Ia menambahkan, bahwa pembentukan Koalisi Perubahan menunjukkan bahwa Anies Baswedan secara konstitusi sudah dapat diusung sebagai Bacapres karena koalisi ini telah melampaui ambang batas pencalonan Presiden sebesar 20 persen.

“Dengan adanya kesepakatan tiga partai koalisi ini, maka genaplah tiga partai melampaui Presidential Threshold 20 persen”, ujar Sohibul.

Baca juga:  APP Choky Sitohang untuk Pemilu Sesuai Aturan dan Wakil Rakyat Berkualitas

Teuku Riefky, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat menjelaskan, enam butir kesepakatan dalam piagam koalisi. Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Kedua, mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden untuk periode 2024-2029. Ketiga, memberi mandat kepada Calon Presiden untuk memilih calon pasangannya.

Keempat, memberikan keleluasaan kepada Calon Presiden untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan. Kelima, membentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari tim persiapan atau tim kecil. Keenam, pada waktunya koalisi akan mengumumkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

“Itulah yang menjadi 6 poin dalam piagam yang ditandatangani oleh tiga Ketua Umum partai”, ucap Teuku.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait