website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 8:07:22 WIB

TNI – Polri Bersiap Melaksanakan Operasi Siaga Tempur untuk Menumpas KKB di Nduga Papua

Jakarta | detikNews – Pasukan gabungan TNI-Polri telah mulai mendeteksi area yang menjadi persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Nduga, Papua, dan siap melaksanakan operasi militer siaga tempur. Keputusan untuk meningkatkan status operasi militer menjadi siaga tempur diambil setelah empat anggota TNI gugur akibat serangan KKB yang diduga dikomandoi oleh Egianus Kogoya.

“Bukan titik, tapi area. Areanya sudah diketahui”, terang Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono Kamis (20/4/2023).

Baca juga:  Gempa Bumi Magnitudo 4 Guncang Mamberamo Tengah, Papua

Area operasi siaga tempur telah dipetakan dan merupakan persembunyian atau markas KKB. Operasi ini dilakukan dengan memisahkan warga lokal dari komplotan teroris KKB, karena KKB sering menggunakan wanita dan anak-anak sebagai perisai saat menyerang pasukan gabungan.

“Ya kedepannya tetap operasi siaga tempur itu dengan area terbatas, dan itu mereka (KKB) terdesak”, ujar Julius.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono, mengungkapkan, bahwa KKB kerap menggunakan taktik bersembunyi di dekat pasukan dengan anak-anak dan ibu-ibu, yang kemudian muncul untuk merebut senjata dan membacok, sementara penembak KKB berada di belakang mereka. Hal ini membuat operasi siaga tempur menjadi lebih rumit.

Baca juga:  9 Tips Mencegah Kebakaran Saat Mudik dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok

“Jadi anak-anak dan ibu-ibu itu sembunyi di dekat pasukan, kemudian di belakangnya ada yang teriak-teriak, kemudian ibu-ibu itu muncul untuk merebut senjata sama membacok”, urai Julius.

“Nah yang di belakang, mereka menembaki. Jadi kita serba repot, ini yang di hadapan kita ini anak-anak dan ibu-ibu, nah dibelakangnya penembaknya”, pungkasnya.

Meski demikian, pasukan gabungan TNI-Polri tetap berkomitmen untuk melaksanakan operasi siaga tempur dengan area terbatas, karena KKB terdesak dan area persembunyian mereka telah diketahui. Langkah ini diambil untuk menghadapi ancaman dari KKB dan memastikan keamanan wilayah Nduga, Papua.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait