website statistics
22.4 C
Indonesia
Tue, 7 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Tuesday, 7 May 2024 | 3:24:13 WIB

Tol Cikampek Arah Jakarta Sepi Saat Puncak Arus Balik Malam Ini

Jakarta | detikNews – Pemerintah memperkirakan bahwa puncak arus balik Lebaran 2023 gelombang kedua akan berakhir malam ini. Detikcom melaporkan bahwa lalu lintas di Tol Cikampek arah Jakarta terlihat lancar pada Senin (1/5/2023) malam ini. Dari Km 70 Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), belum terlihat adanya kepadatan volume kendaraan di GT Cikatama.

Mayoritas kendaraan yang melintas masih merupakan kendaraan pribadi. Namun, lalu lintas menuju Jakarta juga terpantau lancar dan kendaraan bisa melaju dengan kecepatan 60-80 km/jam. Beberapa titik yang biasanya macet seperti Km 62 hingga Km 47 terpantau lancar.

Baca juga:  Waspada !!! Berpotensi Gelombang Tinggi di Laut Kebumen

Data resmi PT Jasa Marga per pukul 19.00 WIB menunjukkan bahwa sebanyak 49.018 kendaraan telah memasuki Jakarta pada hari ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14.479 kendaraan keluar melalui GT Cikatama.

Untuk mengatasi kepadatan arus balik, rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 72 Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) diperpanjang hingga 1 Mei 2023. Hal ini dilakukan karena masih terdapat peningkatan arus balik. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan bahwa volume kendaraan yang menuju Jakarta masih tinggi dan diperkirakan akan bertahan hingga hari ini.

Baca juga:  TNI Ungkap Laju Mobil Prada MW Saat Tabrakan dengan Sepasang Suami Istri di Bekasi, yang Berakibat Meninggal Dunia

Meskipun one way sebelumnya dijadwalkan akan berakhir pada Minggu (30/4) pukul 24.00 WIB, namun diperpanjang hingga Senin (1/5) pukul 24.00 malam nanti. Kelanjutan penerapan one way ini akan diputuskan berdasarkan kondisi kepadatan arus balik Lebaran 2023. Lisye menyatakan bahwa apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Baca juga:  Kendaraan Menuju ke Luar Jakarta Meningkat di H-2 Cuti Lebaran, Lalu Lintas Masih Lancar di Jalan Tol

Selain itu, saat ini rekayasa lalu lintas berupa contraflow dari Km 72 hingga Km 47 Tol Cikampek arah Jakarta masih diberlakukan karena volume kendaraan yang tinggi di hari pertama arus balik gelombang kedua.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait