website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 14:33:54 WIB

Usai Sebut Timnas Indonesia Naturalisasi FC Netizen Malaysia Diserbu Suporter Sepak Bola Indonesia

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Viral Netizen Malaysia mendapat serbuan dari suporter sepak bola Indonesia setelah menyebut Timnas Indonesia “naturalisasi FC”.

Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) telah menginformasikan jadwal secara lengkap tim-tim di babak penyisahan grup Piala AFF 2022, termasuk juga Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia masuk ke dalam Grup A dengan Thailand, Kamboja, Filipina dan juga pemenang dari playoff antara Brunei atau Timor Leste.

Namun tetapi, saat AFF menginformasikan jadwal pertandingan Piala AFF 2022 melalui akun Twitter resmi mereka, terdapat salah seorang warganet asal Malaysia menyerang punggawa Timnas Indonesia dengan menyebut Naturalisasi FC.

Baca juga:  Meski Sempat Memanas, Situasi Laga Final Turnamen Sepakbola Perindo Cup 2022, Tetap Kondusif Hingga Akhir

Kalimat itu muncul setelah pelatih (STY) Shin Tae-yong berkeinginan agar Timnas Indonesia diperkuat tiga pemain berdarah Indonesia yang sedang diproses naturalisasinya, yaitu Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Jordi Amat.

“Naturalisasi FC,” sebut akun @FtblMalaya.

Pengguna twiter @hallorisk membalas cuitan. Betul, Malaysia itu semua pemain Naturalisasi yang tidak berkelas bahkan rata rata pemain keturunan Bangladeshh 😜. Kadang sampai Bingung mana orang malaysia mana orang bangladesh.

Baca juga:  Kabar Timnas Indonesia yang Tak Jadi Tantang Curacao di JIS, Media Vietnam Ikut Soroti

@matsuzoid juga membalas. Bukannya malaysia juga Naturalisasi FC, Indonesia masih mending masih ada keturunan Indonesianya.

Akan tetapi, kalimat di atas memancing emosi fans sepakbola Indonesia. Suporter atau warganet Indonesia balik menyerbu netizen Malaysia dan menyuruh mereka untuk berkaca.

“Lain kali harus sadar diri sebelum komentar. Indonesia hanya panggil pemain half-blood (pemain keturunan) bukan Naturalisasi tanpa darah Indonesia, beda sama Malaysia,” tulis akun @caluxcreeck.

“Hahaha itulah ironis. Semua pemain Timnas Indonesia era STY masih ada hubungan sama Indonesia,” lanjut akun @nocontextbolaid.

Baca juga:  Media Korea Selatan Turut Beri Pujian: Shin Tae-Yong Pimpin Timnas Indonesia Menang 3-2 Atas Curacao

Sebenarnya, pelatih Garuda Nusantara asal Korea Selatan Shin Tae-yong tidak ingin andalkan pemain naturalisasi sekarang ini. Saat membawa Garuda Nusantara lolos ke putaran Piala Asia 2023, hanyalah Marc Klok, pemain yang berstatus sebagai pemain naturalisasi.

Sedangkan, di tim Malaysia sekarang ini banyak dihuni pemain berlabel naturalisasi. Seperti di antaranya Matthew Davies, La’Vere Corbin-Ong, Dion Cools, Junior Eldstal, Guilherme de Paula dan Mohamadou Sumareh.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait