website statistics
25.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 17:57:48 WIB

Berikut adalah Jadwal Imsak Hari Ini Jakarta, Jumat 7 April 2023: Informasi Penting untuk Menentukan Waktu Sahur dan Puasa Selama Bulan Ramadan!

Jakarta | detikNews – Berikut adalah jadwal imsak hari ini di Jakarta pada Jumat, 7 April 2023 yang perlu diketahui oleh umat Muslim sebagai persiapan menutup waktu sahur selama bulan puasa Ramadan 2023. Selain jadwal imsak hari ini, jadwal sholat dan jadwal buka puasa hari ini juga tersedia untuk wilayah Jakarta.

Menurut jadwal Imsakiyah resmi Bimas Islam (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam) Kementerian Agama (Kemenag), imsak di Jakarta hari ini ditetapkan 10 menit sebelum azan subuh. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian agar umat Muslim tidak terlambat berhenti makan dan minum saat sahur. Puasa baru dimulai ketika fajar shadiq telah terbit, yaitu cahaya putih yang muncul di ufuk timur. Fajar shadiq ini yang menjadi penentu masuknya waktu subuh dan awal puasa.

Baca juga:  Pengacara Eddy Hiariej Klarifikasi Kasus Gratifikasi Rp 7 Miliar: Tidak Terlibat dalam Masalah Hukum CLM dan Menolak Tawaran Menjadi Konsultan Hukum

Sesuai firman Allah SWT dalam potongan surat Al-Baqarah ayat 187, “Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam.” Oleh karena itu, Muslim diwajibkan berhenti makan dan minum saat fajar atau terbitnya matahari. Jika seseorang masih memiliki makanan atau minuman di mulutnya saat imsak tetapi adzan subuh belum berkumandang, maka ia boleh menelannya.

Baca juga:  Merasa Dirugikan, Ratusan Sopir Dumb Truk Tambang Galian C Gelar Demo di Kantor Pemkab Banyuwangi

KH Ahmad Qusyairi, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang menjelaskan bahwa ketika waktu imsak dan belum masuk waktu puasa, maka masih diperbolehkan makan dan minum. “Mulai puasa itu kan memang dimulai saat terbitnya fajar shadiq atau waktu subuh, namun kita kan tidak pernah tahu yang namanya fajar shadiq itu seperti apa, maka ulama mengatur jeda waktu sebelum itu dengan dinamakan waktu imsak untuk kehati-hatian,” katanya, dikutip dari situs NU Online Jawa Timur.

Baca juga:  Yudo Andreawan, Tersangka Kasus Penganiayaan, Diduga Mengalami Gangguan Mental: Update Terbaru dari Kasus Pembuat Onar di Jakarta

Untuk memperoleh informasi lengkap jadwal buka puasa dan Imsakiyah di Jakarta selama bulan Ramadan 2023, umat Muslim dapat melihat tabel lengkap jadwal Imsakiyah dan buka puasa Ramadan 2023 di Jakarta. Dengan demikian, informasi jadwal imsak Jakarta hari ini pada Jumat, 7 April 2023 beserta waktu sholat dan jadwal buka puasa akan membantu umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa dengan lebih teratur dan terukur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua umat Muslim yang berpuasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait