website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 10:30:46 WIB

Bu Ami Mengungsi karena Temboknya Semakin Rapuh, Pemilik Tanah Uruk Sudah Lakukan Arahan Dinas Citata DKI

Jakarta | detikNews – Bu Ami, warga Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, harus mengungsi dari rumahnya karena tembok rumahnya yang semakin rapuh tergerus tanah dari tanah tetangganya, Abdurachman. Abdurachman telah mengikuti saran dari Dinas Tata Kota dan Tata Ruang (Citata) Jakarta dengan mengurangi ketinggian tanahnya dan membuat saluran drainase.

“Saya diminta untuk mengurangi ketinggian tanah dan membuat saluran drainase,” kata Abdurachman kepada detikcom, Senin (8/5/2023).

Baca juga:  Apresiasi Penutupan Gebyar HUT RI ke-77 MUI Kecamatan Panmas, H.Imam Musanto Harapkan Para Ulama Semakin Kompak Membimbing Masyarakat

Untuk mengatasi masalah pemukiman di Kelurahan Kebon Baru, Citata menginstruksikan Abdurachman untuk mengurangi ketinggian tanahnya, membuat saluran drainase untuk mencegah air menumpuk dan merusak dinding Bu Ami, serta membuat lubang resapan.

“Ya memang benar Citata menginstruksikan saya membuat lubang resapan. Lokasinya tidak di balik tembok tapi jauh dari situ,” kata Abdurachman.

Dikatakannya, pertemuan sudah dilakukan beberapa kali. Pertemuan terakhir dilakukan saat bulan puasa tahun lalu. Badan Citata dan Kelurahan Kebon Baru sudah beberapa kali melakukan survei lokasi.

Baca juga:  Kepala DPUPR Kota Depok Tinjau Lokasi Longsor Turap di RW 17 Pancoran Mas dan Siapkan Koordinasi untuk Penanganan Darurat

“Ya, kami sudah empat kali bertemu. Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat, mulai dari ketua RT hingga dinas kabupaten dan kota. Saya belum pernah mengalami pertemuan seserius ini sebelumnya. Saya sangat mengapresiasi,” kata Abdurachman.

Pada Sabtu (6/5) sore, tembok Bu Ami tiba-tiba mengeluarkan air berwarna cokelat keruh. Ia harus mengungsi pada Minggu (7/5) dan pindah ke rumah lain dengan menggunakan tabungannya.

Baca juga:  Bocah Pesisir di Kalibaru Menjalani Hidup dengan Memungut Ikan Asin: Ajak Bergabung untuk Memberikan Bantuan

Menyikapi situasi tersebut, Citata akan menggelar rapat internal pada Kamis (11/5). Lebih lanjut, Citata menjelaskan pihaknya sudah memberikan bimbingan teknis kepada Abdurachman melalui pertemuan-pertemuan sebelumnya.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan Abdurachman, pemilik tanah di belakang rumah Bu Ami (tanah di belakang tembok Bu Ami),” kata Ketua Subgrup Citata Pengaduan dan Penindakan, Panji Ganesha.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait