website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 23:43:25 WIB

Diduga Melakukan Pekerjaan Pembuatan Pembatas Jalan DI.Pandjaitan Asal-asalan, GAKORPAN Bersama Awak Media Laporkan Temuan Kepada Plt.Bupati Pemalang

Pemalang | detikNews – Diduga ada unsur kesengajaan permainan kualitas kerja pada pembangunan ruas jalan DI.Panjaitan, Kabupaten Pemalang, Jalan Raya Pemalang-Bantarbolang. Lembaga Gerakan Anti Korupsi dan Penyelamatan Aset Negara (GAKORPAN) bersama dengan beberapa media mendatangi lokasi tersebut untuk dimintai keterangan dari beberapa pekerja yang berada dilokasi proyek tersebut. Selasa 27/12/2022.

Pekerja proyek yang tak ingin namanya di publikasikan tersebut mengatakan, bahwa proyek tersebut dibawah naungan CV. Rinjani seperti yang ada di papan proyek.

“Sesuai tulisan di papan proyek, bahwa telah dikerjakan proyek pelebaran jalan dan pembuatan pondasi batas jalan (Tolo-tolo)”, ungkapnya.

“Saya hanyalah seorang pekerja pak, silahkan menghubungi atasan kami saja”, tuturnya.

Baca juga:  Lebaran Depok 2023: Memperkuat Kebudayaan dan Persatuan Warga Kota Depok

Terlihat di Papan Proyek yang berada disekitar lokasi, tertulis nilai kontrak sebesar 1.899.999.999,99. Kegiatan : Penyelenggaraan Jalan Kabupaten/Kota, Sub Kegiatan : Rekonstruksi Jalan, Nama Pekerjaan : Pelebaran Jalan DI. Panjaitan, Penyedia Jasa : CV. Rinjani, Sumber Dana : Dana Alokasi Umum ( DAU ), Tanggal mulai pekerjaan 21 September 2022, Dan Masa Pelaksanaan : 98 ( Sembilan puluh delapan ) hari kalender, serta dalam pengawasan konsultan CV. Graha Safira.

Dari pantauan GAKORPAN dan awak Media, diduga kuat pekerjaan Pondasi yang dilakukan tidak menggunakan material batu belah, serta tidak memakai rangka besi/besi pengikat, atau dengan kata lain tidak memenuhi standart alias dikerjakan secara asal-asalan, asal nempel, dan asal jadi.

Baca juga:  Pembunuh Ibu Anggota DPR Bambang Hermanto Terungkap sebagai Orang yang Biasa Membersihkan Rumah Korban

“Saat tadi kami melintas di sekitar area proyek bersama rekan-rekan media, kami berhenti sejenak dikarenakan ada yang kurang pas dalam hemat kami mengenai proyek yang sedang berlangsung”, ucap Ripto Anwar Ketua DPC GAKORPAN Kabupaten Pemalang.

“Alhasil kami menjumpai para pekerja Proyek yang sedang memasang batu untuk pembatas jalan yang sedang dalam pelebaran tersebut”, lanjutnya.

“Kami melihat akibat kurangnya pengawasan terhadap pelaksanaan proyek tersebut,. terlihat material yang dipakai untuk pondasi pembatas jalan tidak menggunakan batu belah, dan tiang tolo – tolo pembatas jalan pun, diduga tidak ada rangka besinya, seharusnya kan ada besinya biar kuat”, jelas Ripto.

Baca juga:  Anggota Dewan Senior HBS Ungkap Cerita Tersembunyi di Balik Sejarah Kota Depok

Dari hasil pantauan tersebut, Ketua DPC GAKORPAN Kabupaten Pemalang pun telah menyampaikan hasil temuannya, kepada Plt. Bupati Pemalang sore itu juga melalui pesan singkat Aplikasi WhatsApp.

“Alhamdulillah beliau, Plt. Bupati Pemalang langsung merespon cepat dengan membalas pesan dengan mengatakan : ‘Saya belum lihat gambarnya, Tp seharusnya ada’, jawab Plt. Bupati Pemalang”, pungkas Ripto.

Sampai berita ini ditayangkan Tim GAKORPAN dan awak Media belum berhasil menghubungi kontraktor atau CV. Penyedia Jasa, tersebut diatas.(Wahyu)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait