website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 13:37:16 WIB

Dinkes Kota Tangerang Selenggarakan Edukasi Massal untuk Pencegahan TBC pada Anak-Anak

Tangerang | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dan Dinas Kesehatan sedang fokus pada pencegahan dan edukasi tentang tuberkulosis (TBC) pada anak-anak. Meskipun TBC masih ditemukan pada anak-anak, Dinkes Kota Tangerang ingin menekankan pentingnya upaya pencegahan dan pengobatan yang konsisten, terutama melalui skrining, Test Cepat Molekuler (TCM), serta X-ray yang tersedia di 37 Puskesmas dan 34 rumah sakit se-Kota Tangerang.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Provinsi Banten, dr. Didik Wijayanto, Sp. A, menjelaskan bahwa gejala awal TBC pada anak-anak dapat muncul seperti demam yang tidak jelas terus-menerus, penurunan berat badan secara drastis, dan penularannya dapat terjadi melalui orang-orang terdekat yang berkontak langsung dengan anak, ujar dr.Didik, Jumat (24/03/2023)

Baca juga:  Menyingkap Lainnya: Menggali Lebih Dalam tentang Gejala Gangguan Depresi Mayor yang Mencakup Lebih dari Sekadar Sedih

Untuk mengatasi masalah ini, Dinkes Kota Tangerang berharap dengan edukasi TBC pada anak-anak, orang tua akan lebih peduli dan tidak malu jika anak mereka terkena TBC. Hal ini penting karena pengobatan TBC sekarang dapat dilakukan secara gratis melalui program yang disediakan oleh Dinkes Kota Tangerang.

Edukasi tentang TBC pada anak-anak dilakukan secara serentak di seluruh Kota Tangerang melalui Puskesmas dan rumah sakit, baik secara langsung maupun daring. RS Sari Asih Karawaci bahkan melakukan penyuluhan secara live streaming melalui kanal Instagram dan YouTube Rumah Sakit Sari Asih Karawaci.

Baca juga:  Pemerintah Kota Depok Berkomitmen Membina 7 Kawasan Tanpa Rokok, Lindungi Kesehatan Masyarakat

Menurut dr. Didik, diagnosa TBC dapat dilakukan melalui skrining dan TCM yang tersedia di Puskesmas, dan rumah sakit dapat melakukan tindak lanjut dalam pengobatan. Namun, penting untuk diingat bahwa pengobatan TBC harus konsisten agar berhasil.

Semoga edukasi tentang TBC pada anak-anak ini dapat memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan pengobatan TBC pada anak-anak. (Edh)

Baca juga:  Sebulan Tak Berdakwah Karena Sakit, Jelang Ramadhan 1444 H Ustadz Das'ad Latif Mohon Do'a Untuk Kesembuhan
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait