website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 23:23:45 WIB

Diskar PB Kota Bandung Turunkan Armada untuk Atasi Kebakaran di TPA Sarimukti

Bandung | detikNews – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Bencana (Diskar PB) di Kota Bandung telah mengirimkan tiga armada guna membantu usaha pemadaman kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sarimukti yang terletak di Kabupaten Bandung Barat.

Pimpinan Diskar PB Kota Bandung, yakni Gun Gun Sumaryana, mengungkapkan bahwa mereka telah menggerakkan dua unit alat pancar serta satu unit armada respon cepat ke tempat insiden tersebut.

Baca juga:  Kisah Kiai di Riau yang Memanfaatkan Ilmu Penyembuhan sebagai Modus Cabuli Santriwati

Saat ini, mereka sedang mempersiapkan penambahan armada dan tetap memantau situasi di TPA Sarimukti. Gun Gun Sumaryana menyatakan, “Kami sudah memerintahkan Diskar PB Kota Bandung untuk menambah armada dan personel guna memberikan bantuan,” ujarnya, Rabu (23/08/2023)

Kejadian sebelumnya menyaksikan api melalap tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak hari Sabtu, tanggal 19 Agustus 2023. Hingga hari Selasa, tanggal 22 Agustus 2023, api masih belum dapat dipadamkan. Wilayah yang terkena dampak meliputi zona 4 dengan luas 5 hektar, zona 3 dengan luas 4 hektar, dan zona 2 dengan luas 2,7 hektar.

Baca juga:  Ketua MUI Ajak Umat Islam Manfaatkan Ramadhan Dengan Melakukan Perbuatan Baik dan Menghindari Konflik Politik

Sumaryana menjelaskan bahwa situasi kebakaran di TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat masih berlanjut dan pihaknya sudah mulai menutup TPA tersebut. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat diolah menjadi kompos, sementara sampah anorganik harus diarahkan ke tempat pengolahan sampah agar bisa diolah lebih lanjut.

Baca juga:  Anggota Ormas Pemuda Pancasila Tewas Tertimpa Bangunan Saat Posko Dibongkar, Polisi Sebut Tidak Ada Unsur Pidana

Selanjutnya, ia menambahkan, “Selain itu, hindarilah pembakaran sampah sembarangan dan berlebihan yang berpotensi membahayakan.” Ia juga menekankan untuk menghindari akumulasi sampah di wilayah Kota Bandung yang bisa berdampak pada terjadinya bencana tambahan. (dn)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait