website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 3:51:34 WIB

FMIPA UI Mendorong Kemandirian Masyarakat Kampung Sitanala Melalui Program Budidaya Anggur dalam Pot (Tabulampot)

Tangerang | detikNews – Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Tabulampot dari Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia telah melaksanakan sosialisasi budidaya Anggur Dalam Pot (Tabulampot) kepada warga RT01 Desa Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kampung Sitanala, Tangerang pada Sabtu, 29 Juli 2023. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diketuai oleh Dr. Ratna Yuniati, M.Si. dengan empat Dosen anggota yaitu : Astari Dwiranti, Ph.D., Dr. Retno Lestari, M.Si., Dr. Windri Handayani, M.Si., dan Tety Maryenti, Ph.D, dua laboran, beserta dua orang Mahasiswa.

Penanaman berbagai varian Anggur di dalam pot (Tabulampot).(Foto : Dok. FMIPA UI)

Tim Pengmas Departemen Biologi FMIPA UI ini melanjutkan program KATAMATAKU (Identifikasi Tanda-tanda Kelainan Mata, Kulit, dan Ekstremitas pada Kusta) yang digagas oleh dr. Yunia Irawati, Sp.M(K), dari Fakultas Kedokteran UI  sejak tahun 2018. Hingga tahun 2022 Kampung Sitanala yang selama ini dikenal dengan Kampung Kusta karena terletak tidak jauh dari Rumah Sakit Sitanala dan dihuni oleh warga eks penderita kusta, telah menjadi Desa binaan Tim KATAMATAKU Universitas Indonesia.

Baca juga:  PPDB Sekolah Menengah di Depok Dibuka pada 6 Juni! Temukan Persyaratan dan Panduan Lengkapnya di Sini

Dengan pendampingan tim KATAMATAKU UI, masyarakat Kampung Sitanala telah memiliki instalasi hidroponik dan kolam untuk budidaya sayur-sayuran dan ikan Nila. Pada tahun 2023 ini, Tim pengmas Departemen Biologi FMIPA UI, memperkenalkan budidaya Anggur Tabulampot agar semakin meningkatkan keberdayaan serta kemandirian ekonomi masyarakat di Kampung Sitanala.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi, survei lokasi, serta demonstrasi penanaman tanaman anggur dalam pot oleh tim FMIPA UI yang bekerja sama dengan pegiat budidaya tanaman anggur, Abdullah Naja (Pak Abdul).

Baca juga:  Prakiraan Cuaca Besok untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi Menurut BMKG: Berawan dan Kemungkinan Hujan Ringan

Menurut Pak Abdul, Tabulampot dapat menjadi solusi budidaya Anggur pada lahan terbatas, sekaligus menjadi tanaman budidaya yang ramah bagi pemula. Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan bagi warga RT 01 Kampung Sitanala untuk merakit pot budidaya Anggur, pembuatan media tanam, pengairan, penanaman bibit anggur, dan penjelasan mengenai perawatan tanaman Anggur.

Adanya pendampingan budidaya tanaman Anggur dengan metode Tabulampot oleh Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Biologi FMIPA UI disambut baik oleh warga RT 01 Kampung Sitanala. Masyarakat antusias terhadap pelatihan budidaya anggur, yang sebagian besar dihadiri oleh pemuda Kampung Sitanala.

Baca juga:  BMKG: Prakiraan Cuaca Besok 30 Maret 2023 Jakarta, Yuk Cek Sekarang!

“Pelatihan penanaman anggur dalam pot ini dapat menjadi sarana untuk kami dalam memberdayakan warga kampung kami, serta sebagai peluang untuk pertumbuhan ekonomi. Kami berharap, budidaya Anggur secara Tabulampot ini dapat kami kembangkan menjadi komoditas budidaya dan wisata Anggur”, ujar Pak Andhika selaku perwakilan masyarakat di Kampung Sitanala, Jum’at 22/12/2023.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Ketua RT 01, Bapak Amirullah. Evaluasi dan monitor secara berkala juga dilakukan oleh Tim Pengmas Departemen Biologi FMIPA UI sebagai upaya dukungan pascakegiatan, agar manfaat program Tabulampot Anggur dapat dirasakan oleh masyarakat Kampung Sitanala tidak hanya dalam jangka pendek tetapi tetap berlanjut.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait