website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 0:03:34 WIB

Gelar Kegiatan Pelatihan LDK Bagi Warga Katar Kelurahan RJB, Abdul Salam : Pemimpin Masa Depan Harus Mempunyai Jiwa Leadership yang Handal

Depok | detikNews – Organisasi Kepemudaan Karang Taruna (Katar) Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Gedung Teraz Cozy, Jalan Raya Meruyung, Sawangan Depok, kepada warga Katar sebagai bentuk realisasi program kerja tahunan, yang bertujuan untuk menciptakan regenerasi calon Pemimpin masa depan diwilayah Kelurahan RJB.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan.S.Km, Lurah Rangkapan Jaya Baru Tadjudi.SH, dan M.Riza Pahlevi (Bang Joss) selaku Narasumber, bersama para remaja warga Katar diwilayah Kelurahan Rangkapan Jaya Baru.

Abdul Salam (Odon) selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Rangkapan Jaya Baru mengatakan, bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Tujuan LDK adalah membangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif dilingkungan khususnya diwilayah Kelurahan RJB.

“Pemimpin adalah agen perubahan, dia adalah seseorang yang bertindak mempengaruhi orang lain, lebih dari tindakan orang lain mempengaruhi dirinya. Kepemimpinan akan terjadi ketika satu anggota kelompok mampu membuat satu motivasi atau membangun kompetensi orang lain dalam kelompoknya, dalam hal ini organisasi kepemudaan Karang Taruna”, ucap Odon, Selasa 20/12/2022.

Baca juga:  Polres Metro Jaksel Gencar Awasi Harga Bahan Pokok di Pasar Kebayoran Lama Menjelang Lebaran

“Para pemimpin yang profesional harus mempunyai jiwa ‘Leadership’ yang handal, yang nantinya akan mampu mengubah mindset para jajarannya dengan berbagai bentuk inovasi terbaik, bagi terciptanya pelayanan yang terukur dan terarah bagi masyarakatnya. Tugas dari seorang pemimpin adalah merencanakan, menggerakkan, serta mengawasi setiap aktivitas dalam organisasi, dan salah satu tugas utama dari seorang pemimpin adalah harus bisa mencapai target kinerja para anggotanya, sehingga pada akhirnya dapat mencapai tujuan dan sasaran dari organisasi yang dipimpinnya”, sambungnya.

Tokoh Pemuda yang super aktif dalam keorganisasian ini menilai, bahwa kegiatan LDK bagi jajaran Karang Taruna Kelurahan Rangkapan Jaya Baru memiliki peran signifikan dan mempunyai nilai strategis, dan dari kegiatan tersebut diharapkan muncul kader organisasi penerus masa depan yang handal, dan berpotensi untuk menjaga keberlangsungan kehidupan masyarakat diwilayahnya masing-masing.

“Sebagai bagian dari Infrastruktur pemerintah, Karang Taruna harus memiliki kemampuan melakukan ‘Kritik Evaluative’ yang ‘Konstruktif’ terhadap segala bentuk kebijakan pemerintah, terutama yang bersentuhan langsung terhadap kepentingan masyarakat banyak tentang sosial kemasyarakatan”, terang Odon.

Baca juga:  Berantas TPPO, PMPRI Apresiasi Polres SBT

“Karang Taruna juga harus memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan kepemudaan dalam penciptaan mental spiritual generasi muda yang kuat dan tangguh, guna mencegah, menangkal, menanggulangi, dan mengantisipasi, berbagai permasalahan sosial, serta ancaman bahaya laten Narkoba. Sehingga diharapkan terbangun sinergitas dari seluruh element yang ada di wilayah Kelurahan RJB, yang berorientasi pada penyelenggaraan pemerintahan diwilayahnya untuk lebih demokratis, responsif dan berafiliasi kepada pemberdayaan masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemerintahan”, ungkapnya.

Lebih jauh Odon menambahkan, kegiatan LDK diharapkan dapat membuat para generasi muda warga Katar Kelurahan RJB bisa menyadari betul akan posisi, peran, dan fungsi institusi Karang Taruna, dan secara efektif mampu bekerjasama serta ikut berperan aktif dalam mengadvokasi aspirasi masyarakat, memberikan masukan, serta menjadi badan pertimbangan bagi recana-rencana yang akan dilakukan.

“Latihan Dasar Kepemimpinan, bagi para pemuda Karang Taruna tingkat Kelurahan sangat penting diselenggarakan secara continue, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat menciptakan langkah-langkah strategis dan sistematis bagi para jajaran pengurus dalam meningkatkan kualitas kinerja pemuda khususnya, dan masyarakat diwilayah Kelurahan RJB pada umumnya”, jelas Odon.

Baca juga:  Polres Tanah Karo Gelar Rekonstruksi Pembunuhan

“Namun, ‘Consultative’ tentunya menjadi salah satu kata kunci yang menjadi satu acuan suksesnya segala bentuk program kerja yang nantinya akan dilaksanakan, hal ini sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir efek negatif pada setiap efek program kerja yang akan direalisasikan. Karang Taruna harus mampu menjadi tonggak penerus bangsa, agama dan keluarga, khususnya diwilayah lingkungan mereka, demi terwujudnya kemaslahatan warga untuk dapat memantapkan eksistensi institusi yang menaunginya”, lanjutnya.

“Diakhir masa jabatan saya ini, saya berharap Katar Kelurahan RJB tetap menjaga marwah Karang Taruna, dan tetap memegang teguh prinsip sosial kemasyarakatan, serta tetap kritis pada setiap kebijakan-kebijakan para penyelenggara negara khususnya ditingkat daerah. Katar harus tetap bersama masyarakat menjadi sosial kontrol dalam mengawal rencana pembangunan masa depan, demi terwujudnya Kota Depok yang Baldatun, Toyyibatun, Warobbun Ghofur”, Pungkas Odon.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait