website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 21:34:06 WIB

Gempa Magnitudo 6 Mengguncang Hokkaido, Jepang: Kekuatan Alam yang Membuat Bumi Bergetar

Hokkaido | detikNews – Jepang, telah diguncang oleh gempa bumi berkekuatan magnitudo 6, seperti yang diumumkan oleh Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ), mengutip laporan Reuters pada Jumat, 11 Agustus 2023. Gempa ini memiliki kedalaman 46 km (28,58 mil) di bawah permukaan bumi. Saat ini, informasi lebih lanjut mengenai dampak pasti dari gempa ini masih belum tersedia.

Wilayah Jepang memang dikenal sebagai daerah yang sering mengalami bencana gempa bumi. Japan Meteorological Agency mencatat bahwa sekitar 5.000 gempa bumi terjadi di Jepang yang tidak dapat terdeteksi. Angka ini menggambarkan tingkat kompleksitas dan tantangan yang dihadapi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memahami dan mengantisipasi gempa bumi.

Baca juga:  Inovasi Terbaru BPBD DKI Jakarta Pasca Ditangguhkan Akun Twitter: Langkah Konkret untuk Meningkatkan Kinerja dan Pelayanan

Menurut data dari Japan Meteorological Agency, setiap tahunnya terjadi sekitar 3.800 gempa dengan magnitudo 3,0 hingga 3,9 di Jepang. Selanjutnya, gempa dengan magnitudo 4,0 hingga 4,9 terjadi sekitar 900 kasus dalam setahun. Angka ini mencerminkan skala kecil hingga menengah dari aktivitas seismik yang terjadi di wilayah ini.

Pada bulan Mei 2023, Jepang telah mengalami gempa dengan magnitudo 6,5 yang merenggut nyawa satu orang dan melukai puluhan lainnya. Dalam laporan yang dilansir oleh AFP pada Jumat, 5 Mei, tim penyelamat berjuang untuk mencari dan menyelamatkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan beberapa bangunan yang roboh akibat gempa tersebut.

Baca juga:  Topan Tropis Freddy Berdampak Mengerikan di Malawi dan Mozambik, Menewaskan 70 Orang

Hirokazu Matsuno, juru bicara pemerintah, memberikan informasi kepada wartawan di Tokyo bahwa korban tewas dilaporkan akibat gempa ini, dan ada juga laporan mengenai bangunan-bangunan yang runtuh. Dalam kejadian ini, terdapat cerita tragis mengenai seorang korban yang jatuh dari tangga dan laporan tentang 21 orang lainnya yang mengalami luka-luka.

Kejadian ini sekali lagi mengingatkan kita akan pentingnya kewaspadaan dan persiapan dalam menghadapi bencana alam. Jepang, dengan pengalaman panjang dalam menghadapi gempa bumi, terus berusaha meningkatkan sistem peringatan dini dan infrastruktur tanggap bencana untuk melindungi nyawa dan harta benda warganya. Semoga informasi lebih lanjut mengenai gempa terbaru ini dapat membantu dalam upaya tersebut. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait