website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 11:22:31 WIB

Haji Uma Minta BI Berikan Perhatian Khusus kepada Perbankan Syariah di Aceh

Jakarta | detikNews  – H. Sudirman atau yang lebih akrab disapa Haji Uma Anggota DPD RI asal Aceh meminta kepada Bank Indonesia agar memberikan perhatian penuh kepada Perbankan Syariah di Indonesia khususnya Aceh

Hal tersebut disampaikan Haji Uma dalam Rapat Kerja Komite IV DPD RI dengan Deputi Senior Bank Indonesia di Ruang GBHN, Senayan, Sabtu (17/6/2023)

Khusus untuk Aceh setelah pemberlakuan Qanun Lembaga Keuangan Syariah, semua perbankan non syariah tidak lagi beroperasi, sehingga perbankan syariah menjadi ujung tombak dalam mendorong peningkatan ekonomi dan berbagai transaksi lainnya

Baca juga:  Haji Uma Usulkan Zonasi Bidang Usaha Dalam Rapat Kerja Menteri Koperasi dan UKM dengan Komite IV DPD RI

“BI harus memberikan perhatian khusus untuk perbankkan Syariah di Aceh, karena di Aceh hanya ada bank Syariah, termasuk jika sebelumnya dana pembiayaan ikut disalurkan oleh bank konvensional, maka sepeninggal bank konvensional untuk dana-dana pembiayaan tidak boleh berkurang” ungkap Haji Uma

Selain itu dalam rangka mewujudkan perekonomian nasional dari daerah, Senator Aceh H Sudirman kepada Bank Indonesia untuk membangun koordinasi dan sinergitas antara pusat dengan daerah agar lebih efektif dalam pelaksanaannya serta pengawasan di daerah.

Baca juga:  Jalan Berlubang Kembali Dikeluhkan Warga Binuang Kampung Dalam Kota Padang, Menanti Segera Ada Perbaikan

”Untuk meningkatkan perekonomian maka sangat diperlukan porsi yang cukup untuk melakukan pengawasan ke daerah agar terwujudnya perekonomian nasional,” kata Haji Uma.

Haji Uma juga menyinggung soal masih lemahnya sistem perbankan di Indonesia yang baru-baru ini terjadinya troblenya sistem keamanan perbankan Syariah di Indonesia yaitu BSI.

“Ini bisa menjadi referensi kepada Bank Indonesia terhadap perbankan yang masih perlunya pengawasan yang maksimal terhadap sistem perbankan di indonesia, untuk mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat terhadap perbankan di indonesia maka juga diperlukan pengawasan yang lebih efektif kedepan,” Ungkap Haji Uma.

Baca juga:  Dapat Perlakukan Tak Wajar dari Perusahaan, Pekerja Migran Indonesia di Kamboja Minta Perlindungan ke Anggota DPD RI asal Aceh

Haji Uma juga menyampaikan bahwasanya Bank Syariah Indonesia (BSI) perlu pedampingan yang maksimal dari Bank Indonesia (BI).

“Demi terciptanya singkronisasi dan koordinasi antara Bank Indonesia (BI) dengan Bank Syariat Indonesia (BSI),” tutup Haji Uma.

Menanggapi hal itu Deputi Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti berjanji akan menindaklanjuti dan segera akan mengevaluasi ke lapangan nantinya supaya terjadinya singkronisasi yang lebih efektif dan efisien.(Rizki M)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait