website statistics
24.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 10:43:52 WIB

Inklusi Pendidikan: Plt Bupati Pemalang Mendorong Hak Akses Pendidikan Non-Formal Bagi Semua

Pemalang | detikNews – Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, Supa’at, melaporkan bahwa Gebyar Pendidikan Non-Formal (SPNF SKB, PKBM, dan LKP) Kabupaten Pemalang Tahun 2023 berjalan sukses selama dua hari, dari tanggal 5 hingga 6 Agustus 2023, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Acara ini diadakan di Alun-alun Pemalang dan diikuti oleh peserta dari berbagai lembaga pendidikan non formal SPNF SKB, PKBM, dan LKP di Kabupaten Pemalang Tahun 2023.

Baca juga:  Kesal Karena Privasinya Bocorkan ke Istri, Oknum Kades Diduga Aniaya Warganya

Pada kegiatan non formal ini, terdapat 22 stand produk unggulan dan produk kreativitas. Beberapa stand yang turut berpartisipasi antara lain dari Dindikbud, TP.PKK, SPNF SKB, LKP, PKBM, dan penggerak guru Dindikbud Kabupaten Pemalang.

Acara tersebut juga menjadi momen penting untuk melakukan Deklarasi Penuntasan Anak Tidak Sekolah (ATS) yang diinisiasi oleh Kepala Desa dan Kelurahan se-kabupaten Pemalang, sesuai dengan arahan dari Supa’at.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat S.T, menyampaikan harapannya bahwa Pendidikan Non-Formal (PNF) seperti SKB, PKBM, dan LKP dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya pendidikan dalam mencapai kehidupan yang lebih berkualitas.

Baca juga:  Seorang Wanita Ditemukan Tewas di Kamar Kos Kawasan Buaran Jakarta Timur

Mansur Hidayat menekankan bahwa setiap individu berhak untuk mengakses layanan pendidikan, tidak hanya yang disediakan dalam bentuk pendidikan formal, tetapi juga melalui pendidikan non formal, seperti SPNF SKB, PKBM, dan LKP, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Lebih lanjut, Mansur Hidayat menjelaskan bahwa acara Gebyar Pendidikan Non-Formal tersebut merupakan wadah bagi Satuan Pendidikan Non Formal di Kabupaten Pemalang, yang fokus pada Pendidikan Kesetaraan, seperti layanan pendidikan Paket A setara SD, Paket B setara SMP, Paket C setara SMA, serta Pendidikan Masyarakat melalui pelatihan dan kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP).

Baca juga:  Dukungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Agar Produk UMKM Bisa Masuk Ke Ritel Modern

Semoga kegiatan Gebyar Pendidikan Non-Formal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Pemalang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait