website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 27 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 27 April 2024 | 3:45:01 WIB

Inovasi Sepeda Bambu Jokowi: Prestasi Internasional Bagi Produk Lokal

Jakarta | detikNews – Presiden Jokowi baru-baru ini membagikan video dirinya mengendarai sepeda yang terbuat dari bambu. Sepeda produksi dalam negeri ini telah mendapat pengakuan internasional.

“Bambu adalah tanaman yang terkenal, mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Kegunaannya bermacam-macam, mulai dari digunakan untuk konstruksi sebagai tiang, dinding, dan atap, hingga alat musik, transportasi tradisional, bahkan makanan,” tulis Jokowi dalam video yang diunggah pada hari Minggu, 14 Mei 2023.

Jokowi memposting video dirinya mengendarai sepeda bambu, yang dibuat oleh pendiri Spegadi Singgih Susilo Kartono, seorang desainer produk dari pedesaan.

“Kini, di bawah tangan Singgih Susilo Kartono, seorang desainer produk yang bekerja di desa, bambu telah menjadi sepeda, khususnya rangka utama sepeda. Desain Spedagi, sepeda bambu, telah mendapat pengakuan internasional untuk desain produknya. Saya sendiri sudah menggunakannya,” katanya.

Baca juga:  Kebersamaan Meriah di Jamuan Makan Malam KTT ASEAN: Presiden Jokowi dan Iriana Menikmati 'Maumere' dengan Tarian dan Musik di Labuan Bajo

Menurut Jokowi, sebuah produk menjadi bernilai dan berkualitas jika diolah dengan benar dan didukung riset yang terukur.

“Dengan kontrol kualitas yang ketat selama proses pembuatannya, sepeda bambu kini dapat ditunggangi di jalanan, menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan gaya,” imbuhnya.

“Betul. Dengan desain dan kemasan yang baik, kualitas pengolahan yang baik, dan riset yang terukur, sebuah produk bisa mendapatkan nilai tambah yang berlipat. Contohnya Spedagi, karya anak bangsa sendiri,” lanjut Jokowi.

Singgih berbagi cerita awal mula ia membuat sepeda bambu. Semuanya berawal ketika dia didiagnosa kolesterol tinggi dan sedang mencari cara untuk sembuh.

Baca juga:  Kebakaran Telah Habiskan Rumah dan Memakan Korban

“Saya tidak pernah berpikir untuk merancang sepeda. Saya memiliki kolesterol tinggi dan memikirkan cara mengatasinya. Saya menemukan salah satu cara melalui bersepeda sebagai olahraga,” ujarnya.

“Sebagai seorang desainer produk yang berprofesi, saya menjadi tertarik dengan sepeda. Produknya sederhana, namun menawarkan cara yang menyenangkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh,” tambahnya.

Singgih menyebutkan, begitu menyadari bambu melimpah di mana-mana, ia memutuskan untuk mulai membuat sepeda dengan bahan tersebut.

“Ketika saya mengetahui bahwa bambu berlimpah di mana-mana, dan karena saya bekerja dengan kerajinan tangan setiap hari, saya memutuskan untuk membuat sepeda dari bambu,” jelasnya.

Singgih mengakui bambu sebagai material dinilai lemah. Namun, dia percaya bahwa teknologi sederhana bisa sangat bermanfaat jika menerapkan standar tinggi.

Baca juga:  Sidang KDRT: Mantan Istri Bongkar Indrajana Lontarkan Kata Kasar ke Anak dan Lakukan Kekerasan di Luar Rumah

“Bambu dianggap lemah, murah, dan mudah rusak. Tapi saya sudah membuktikan bahwa bambu bisa menjadi produk yang memiliki nilai tambah. Teknologi sederhana bisa berhasil jika kita menerapkan standar yang baik,” tandasnya.

Singgih mengungkapkan dirinya bertemu Jokowi pada 2020 dan memutuskan untuk membuatkan sepeda khusus untuknya.

“Pada tahun 2020, saya bertemu Presiden Jokowi, dan dia memuji desainnya, katanya unik dan menarik. Saya senang Presiden Jokowi menyukainya,” ujarnya.

Singgih mengaku bangga bisa mengajak Jokowi bersepeda, bahkan saat resepsi resmi tamu asing di Istana.

“Saya yakin dengan terus mengapresiasi dan mengembangkan produk lokal, Indonesia akan maju,” pungkasnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait