website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 11:30:09 WIB

Inovatif! Kampung Mangga RW 10 Kelurahan Gebang Raya Kelolah Air Hujan Menjadi Air Bersih

Tangerang | detikNews – TPS 3R Bina Mandiri yang dikelola warga Kampung Mangga RW 10, Villa Tangerang Indah, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk Tengah, saat ini tengah mengembangkan sistem pengolahan air hujan menjadi air bersih. Sistem ini telah beroperasi sejak 29 Januari 2017, dan terus disempurnakan dari waktu ke waktu.

Yadi Wijaya, Ketua RW 10 menjelaskan, ide sistem ini muncul sekitar dua bulan lalu ketika BMKG menyatakan cuaca tidak bisa diprediksi. Warga segera mulai memikirkan cara untuk memanfaatkan air hujan dan membuatnya dapat digunakan.

Baca juga:  Gubernur Lampung Minta Wartawan Menghapus Video Liputan Kegiatan: Alasannya Membuat Saya Pusing

“Sistem pengolahan air hujan jadi air bersih ini baru kami kembangkan didua bulan terakhir ini. Berawal dari informasi BMKG yang menyatakan saat ini cuaca banyak tidak menentunya. Disitu, kami langsung berfikir keras untuk dapat memanfaatkan cuaca-cuaca ini,” ungkap Yadi Wijaya, Ketua RW 10, Senin (8/5/2023)

Prosesnya dimulai dengan mengumpulkan air hujan, yang kemudian disaring dan disuling dua kali. Setelah itu, dilakukan proses perebusan elektronik untuk memastikan air benar-benar bersih dan aman digunakan.

Baca juga:  Banyak Pedagang Bangkrut Akibat Sepi Pembeli, Management Pasar Modern Cisalak yang Terlihat Kumuh Harus Segera Dievaluasi

Meski air hasil olahan hanya bisa digunakan untuk kegiatan seperti mandi, menyiram tanaman, atau kegiatan di TPS, warga saat ini sedang melakukan penelitian laboratorium untuk mengetahui apakah air tersebut aman untuk dikonsumsi. Dengan kapasitas saat ini, sistem tersebut dapat menghasilkan sekitar 300 liter air bersih yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Selain menghemat listrik, sistem pengolahan air hujan juga mengurangi risiko banjir dan kekeringan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga:  Kebakaran Gudang di Karawaci, Tangerang: Penyebabnya Masih Dalam Penyelidikan

Warga Kampung Mangga RW 10 juga memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik. Artinya, mereka memiliki sumber listrik mandiri yang mereka gunakan untuk penerangan jalan dan peralatan listrik lainnya.

“Jadi hujan yang turun kami olah, matahari yang terik juga kita olah. Untuk PLTS sejauh ini digunakan untuk PJU dan penggunaan beberapa mesin yang menggunakan listrik. Semua pengolahan ini aktif dan kami gunakan setiap harinya,” pungkasnya. (DN)

 

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait