website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 12:27:02 WIB

Jadwal Imsak Jakarta Hari Ini, 19 April 2023: Persiapan Menyambut Ramadan 2023 bagi Umat Muslim di Jakarta dan Sekitarnya

Jakarta | detikNews -Berikut adalah informasi jadwal imsak, sholat, dan buka puasa di Jakarta untuk hari ini, Rabu 19 April 2023, yang dapat berguna bagi umat Muslim dalam mempersiapkan sahur selama Ramadan 2023.

Menurut jadwal Imsakiyah resmi dari Bimas Islam (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam) Kementerian Agama (Kemenag), berikut adalah jadwal imsak untuk hari ini di Jakarta:

Jadwal imsak Jakarta hari ini, 19 April 2023:

Untuk informasi lengkap jadwal buka puasa dan imsak di Jakarta selama Ramadan 2023, berikut adalah tabel jadwal Imsakiyah dan buka puasa Ramadan 2023 di Jakarta:

Baca juga:  Pelecehan Seksual Terjadi di Klinik Tangerang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Jadwal imsak dan buka puasa di atas disusun berdasarkan informasi resmi dari Bimas Islam Kemenag RI. Bagi masyarakat di luar Jakarta yang ingin mengetahui jadwal imsak dan buka puasa selama Ramadan 2023 di daerah tempat tinggalnya, dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pengecekan dan pengunduhan jadwal Imsakiyah:

  1. Kunjungi situs resmi Bimas Islam Kemenag RI atau situs resmi Kemenag RI.
  2. Cari dan klik menu “Jadwal Imsakiyah” atau “Jadwal Puasa”.
  3. Masukkan nama daerah atau kota tempat tinggal Anda.
  4. Setelah itu, jadwal imsak dan buka puasa akan ditampilkan dan dapat diunduh dalam format PDF.
Baca juga:  BMKG Rilis Prakiraan Cuaca Besok 12 April 2023 untuk Jakarta dan Daerah Sekitarnya: Apa yang Harus Dipersiapkan?

Kata “imsak” berasal dari bahasa Arab yang berarti menahan atau batas waktu memulai puasa. Imsak adalah waktu ketika umat Muslim harus menahan diri dari makan, minum, dan segala aktivitas lainnya yang dapat membatalkan puasa. Waktu imsak biasanya ditetapkan 10 menit sebelum waktu subuh.

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag RI, Muhammad Thambrin, waktu imsak di Indonesia ditetapkan sebagai ikhtiar melestarikan sunnah dan sebagai tindakan hati-hati agar kaum Muslimin tidak terperosok ke dalam batas larangan. Ia juga menegaskan bahwa waktu imsak tidak dimaksudkan untuk mengubah waktu puasa dari batas yang telah ditentukan oleh syariat.

Baca juga:  Jadwal Imsak, Sholat, dan Buka Puasa di Jakarta Hari Ini, Kamis 6 April 2023: Informasi Terbaru dan Lengkap Menurut Bimas Islam Kemenag

Demikian informasi mengenai jadwal imsak, sholat, dan buka puasa di Jakarta untuk hari ini, Rabu 19 April 2023. Semoga bermanfaat bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa selama Ramadan 2023.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait