website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 13:25:02 WIB

Jatijajar Depok Kolaborasi Bersama Masyarakat, 20 Titik Sedang Dibangun Septic Tank

depok | detikNews – Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, telah menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan sejumlah pembangunan fisik yang telah direncanakan dengan matang. Salah satu proyek yang tengah berlangsung adalah pembangunan septic tank individual, menjadi langkah nyata dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Menurut Mujahidin, Lurah Jatijajar, sejumlah pembangunan fisik telah selesai pada tahun ini. Antara lain, perbaikan jalan lingkungan (Jaling), pembuatan drainase, Penerangan Jalan Lingkungan (PJL).

“Pembangunan jaling berada di RW1, drainase berada di RW4 dan RW6, sedangkan PJL telah terselesaikan dengan 7 titik lokasi. Saat ini, kegiatan yang masih berlangsung adalah pembangunan septic tank,” ungkap Mujahidin.

Baca juga:  Tim Monev Disnaker Kota Depok: Perusahaan Wajib Bayar THR Tepat Waktu

Proyek pembuatan septic tank ini tidak hanya dilakukan di satu lokasi, melainkan tersebar di 20 titik yang berada di beberapa RW di Kelurahan Jatijajar. Proses pelaksanaannya pun melibatkan partisipasi aktif dari kelompok masyarakat setempat, yang dikenal sebagai Kelompok Masyarakat (Pokmas) Juara.

Mujahidin menekankan bahwa pengelolaan proyek ini secara langsung diserahkan kepada masyarakat melalui Pokmas, sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam upaya bersama membangun lingkungan. “Keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembangunan septic tank ini,” tambahnya.

Baca juga:  Wilayah Pasar Kambing Kembali Dijadikan Ajang Prostitusi, Warga Minta Walikota Depok Segera Menutup Serta Menindak Tegas Para Pelaku

Di tempat terpisah, Ketua Pokmas Juara Kelurahan Jatijajar, Achmad Mauludin, menjelaskan lebih lanjut mengenai pelaksanaan proyek pembangunan septic tank. Proyek ini mencakup 20 titik lokasi yang tersebar di beberapa RW, yakni RW05, RW04, dan RW09.

“Kami bekerja sama dengan pengurus Pokmas Juara, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, serta partisipasi aktif warga dan pengawasan langsung dari Lurah,” terang Mauludin, Selasa (21/11/2023)

Baca juga:  Menkominfo Budi Arie Setiadi Memastikan BTS di Desa Buwun Mas, Lombok, Berfungsi Sebelum 17 Agustus

Lebih rincinya dikatakan bahwa, pembangunan septic tank ini mendapatkan anggaran dari APBD Kota Depok 2023 sebesar Rp205 juta. Dia juga menambahkan bahwa pelaksanaan proyek ini direncanakan berlangsung selama 30 hari, dengan dimulainya pada tanggal 10 November 2023.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Depok atas bantuan individu septic tank yang di berikan kepada warga Jatijajar. harapan kami pastinya lingkungan kami ini akan menjadi lingkungan yang bersih, sehat dan berkelanjutan bagi generasi yang akan datang,” tutupnya. (Qih)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait