website statistics
21.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 8:06:01 WIB

Jokowi dan PM Fiala Bahas Penguatan Kerja Sama Indonesia-Cek

Jakarta | detikNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini bertemu dengan Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala. Jokowi menyoroti, kunjungan Fiala merupakan kali pertama seorang kepala pemerintahan Ceko berkunjung ke Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan rasa hormat saya kepada Perdana Menteri Petr Fiala, karena kunjungannya ke Indonesia menandai kunjungan pertama kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Kehadiran pengusaha Ceko dalam kunjungan ini mencerminkan komitmen untuk membangun dan memperkuat kerja sama,” kata Jokowi usai rapat di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

Baca juga:  Gempa M 2,6 Mengguncang Cianjur dengan Pusat Gempa di Darat

Jokowi mengatakan, dalam pertemuan itu ia dan Fiala membahas kerja sama di berbagai bidang. Ini termasuk kerja sama dalam investasi dan pertahanan.

“Kami telah membahas kerja sama perdagangan, investasi, pertahanan dan industri strategis, serta ASEAN dan Indo-Pasifik,” katanya.

Selain itu, Jokowi juga membahas regulasi Uni Eropa (UE). Ia mendorong penyelesaian melalui perundingan Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Baca juga:  FMIPA UI Gelar Penanaman Bakau sebagai Penahan Abrasi dan Pengembangan Wisata di Pantai Lagundi Carita Banten

“Saya juga menyampaikan keprihatinan atas beberapa peraturan UE yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian melalui perundingan Indonesia-EU CEPA,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan, Indonesia dan Republik Ceko sepakat menjajaki kerja sama di bidang industri teknologi.

“Kami juga sepakat untuk menjajaki kerja sama produksi bersama antara industri strategis, transfer teknologi, dan peningkatan kapasitas,” tambahnya. (Rz)

Baca juga:  Penemuan Mayat Bayi Terbungkus Kantong Belanja di Perkebunan Bogor
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait