website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 22 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 22 May 2024 | 7:50:21 WIB

Kanwil Kemenkumham DKI Meluncurkan Rumah Digital Si Ki-Be untuk Layanan Publik yang Efisien

Jakarta | detikNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta agar semua jajaran kementerian dan lembaga tidak mengembangkan aplikasi baru yang justru akan menyulitkan masyarakat. Oleh karena itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta (Kanwil Kemenkumham DKI) telah menciptakan suatu wadah untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data.

“Ini adalah rumah digital yang diberi nama Si Ki-Be, yang bertujuan untuk mengumpulkan semua layanan yang ditetapkan oleh kementerian dan lembaga dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi, dan aksesibilitas layanan publik sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang menginginkan birokrasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, dalam pernyataannya pada Rabu (14/6/2023).

Baca juga:  Depok dan Cilegon Peringkat Terendah dalam Indeks Kota Toleran 2022 oleh SETARA Institute

Rumah Digital Si Ki-Be ini mengintegrasikan data dari 49 aplikasi yang wajib digunakan dan lima aplikasi yang bersifat opsional di lingkungan Kemenkumham. Ibnu menjelaskan bahwa layanan digital ini tidak hanya mengumpulkan data dari kementerian atau lembaga di bawah Kemenkumham, tetapi juga menyediakan layanan administrasi dan birokrasi yang meliputi keuangan, kepegawaian, pelaporan, dan humas secara komprehensif dalam satu portal, yaitu “jakarta.kemenkumham.go.id”.

Baca juga:  Sultan Rif'at Alfatih Menulis Surat Penuh Curhat Kepada Jokowi: Kisah Pilu Usai Terjerat Kabel yang Menghilangkan Kemampuan Berbicara

Layanan-layanan lainnya yang disediakan meliputi Divisi Keimigrasian, Divisi Pemasyarakatan, dan Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mencakup bidang hak asasi manusia, bidang hukum, dan pelayanan hukum. Dengan menggunakan layanan digital ini, masyarakat dan pemangku kepentingan dapat dengan mudah mengakses layanan online terkait kebutuhan birokrasi di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dengan harapan dapat dilayani dengan cepat.

“Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mencapai pemerintahan yang lebih efisien, terjangkau, dan dapat dipercaya,” kata Ibnu.

Baca juga:  Presiden Jokowi Bagikan THR dan Sembako kepada Pedagang di Pasar Legi Solo

“Ini merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan aksesibilitas layanan publik, sejalan dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan birokrasi yang memberikan dampak nyata, bukan hanya tumpukan kertas belaka,” tambahnya.

Peluncuran “Rumah Digital Si Ki-Be” ini tidak hanya dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, tetapi juga oleh Kepala Divisi Administrasi, Mutia Farida, Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait