website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 12:42:09 WIB

Kelurahan Cimpaeun Tingkatkan Warga Tangguh Bencana

Depok | detikNews – Kepala  Kantor Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Mulyadi, menjelaskan bahwa simulasi penanggulangan bencana dilakukan untuk membentuk Kelurahan tangguh bencana. Sebelum simulasi, narasumber dari UPTD Pemadam dan Bencana Alam (Damkar) Tapos memberikan materi tentang tata cara penanggulangan bencana.

Mulyadi menyebut kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yaitu penguatan materi (Bimtek) untuk pemahaman tata cara penanggulangan dan simulasi praktek penanggulangan bencana.

Baca juga:  Indonesia Menerima Tambahan 8.000 Kuota Haji Menurut Menteri Agama

“Peserta mendapatkan arahan dan materi dari narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi simulasi penanggulangan bencana,” ujarnya kepada detikNews.co.id pada Selasa (5/12/2023).

Selain pemadamam api, Mulyadi juga menyoroti penanggulangan bencana lainnya, seperti gempa bumi, banjir, longsor, dan angin topan, dalam sesi simulasi praktek.

“Tujuan edukasi ini adalah agar masyarakat lebih memahami cara penanggulangan bencana,” tambahnya.

Baca juga:  Petugas Perempuan Mudik Lebaran Dapat Penghargaan dari Wali Kota Cilegon karena Dedikasi dan Keamanan yang Hebat

Kepala Kelurahan Cimpaeun juga menyebut bahwa teori yang dipraktekkan selama simulasi mencakup penggunaan alat modern dan tradisional dalam penanggulangan bencana.

Nopendi, Kasub Bagian UPTD Tapos, juga menekankan bahwa simulasi memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran dan bencana lainnya di lingkungannya.

“Simulasi ini bertujuan agar masyarakat memiliki pemahaman mengenai bahaya kebakaran dan bencana lainnya,” terangnya.

Baca juga:  Gelar Acara Deklarasi dan Pengukuhan, DPC Macan Asia Indonesia Banyuwangi Berikan Santunan Kepada Anak-anak Yatim

Nopendi juga memberikan pengetahuan tentang penggunaan alat seperti apar dan karung basah dalam sesi praktek simulasi kebakaran, dengan harapan agar masyarakat memahami fungsi dan manfaat alat tersebut. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait