website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 9:00:44 WIB

Konsep Minat Belajar Bahasa Inggris pada Peserta Didik

Penulis : Raudhatul Jannah,S.Pd.I

Banda Aceh | detikNews – Kata minat secara etimologi berasal dari bahasa inggris “interest” yang berarti kesukaan, perhatian (kecenderungan hati pada sesuatu), keinginan. Dalam proses belajar siswa harus mempunyai minat atau kesukaan untuk mengikuti kegiatan belajar yang berlangsung, karena dengan adanya minat akan mendorong siswa untuk menunjukan perhatian, aktivitasnya dan partisipasinya dalam mengikuti belajar yang berlangsung.

Menurut Ahmadi (2009: 148) “Minat adalah sikap jiwa orang seorang termasuk ketiga fungsi jiwanya (kognisi, konasi, dan emosi), yang tertuju pada sesuatu dan dalam hubungan itu unsur perasaan yang kuat” . Menurut Slameto (2003:180), “minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan”. Sedangkan menurut Djaali (2008: 121) “minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh”.

Baca juga:  Engkaulah sesungguh nya si DURJANA

Berdasarkan pendapat beberapa ahli, maka dapat disimpulkan bahwa minat berhubungan dengan gaya gerak yang mendorong seseorang untuk menghadapi dengan orang, benda, kegiatan, pengalaman yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. Minat dapat berupa rasa ketertarikan, perhatian, keinginan yang dimiliki seseorang terhadap suatu hal.

Minat merupakan rasa ketertarikan, perhatian, keinginan lebih yang dimiliki seseorang terhadap suatu hal, tanpa ada dorongan. Minat tersebut akan menetap dan berkembang pada dirinya untuk memperoleh dukungan dari lingkungannya yang berupa pengalaman. Pengalaman akan diperoleh dengan mengadakan interaksi dengan dunia luar, baik melalui latihan maupun belajar.

Pengertian minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki rasa senang tanpa ada paksaan sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan, ketrampilan dan tingkah laku dan faktor yang menimbulkan minat belajar dalam hal ini adalah dorongan dari dalam individu, dorongan motif sosial dan dorongan emosional.

Baca juga:  Ramadhan Journey: Tradisi Meugang Di Aceh Harus Kembali Ke Khitahnya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pengertian sederhana, minat adalah keinginan terhadap sesuatu tanpa ada paksaan. Dalam minat belajar seorang siswa memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar yang berbeda-beda. Menurut Syah (2003: 132) membedakannya menjadi tiga macam, yaitu: Faktor Internal, Faktor Eksternal Siswa, dan Faktor Pendekatan Belajar.

Faktor Internal adalah faktor dari dalam diri siswa yang meliputi dua aspek, yakni: Aspek Fisiologis (Kondisi jasmani dan tegangan otot (tonus) yang menandai tingkat kebugaran tubuh siswa, hal ini dapat mempengaruhi semangat dan intensitas siswa dalam pembelajaran).

Baca juga:  Aparat Ditreskrimsus Polda Jatim "Pengkhianat"

Aspek Psikologis (aspek psikologis merupakan aspek dari dalam diri siswa yang terdiri dari, intelegensi, bakat, sikap siswa, minat siswa dan motivasi siswa). Faktor Eksternal Siswa, faktor eksternal terdiri dari dua macam, yaitu faktor lingkungan social (Lingkungan social terdiri dari sekolah, keluarga, masyarakat dan teman sekelas) dan faktor lingkungan non sosial (lingkungan social terdiri dari gedung sekolah dan letaknya, faktor materi pelajaran, waktu belajar, keadaan rumah tempat tinggal, alat-alat belajar).

Faktor pendekatan belajar yaitu segala cara atau strategi yang digunakan siswa dalam menunjang keefektifan dan efisiensi proses mempelajari materi tertentu. []

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait