website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 2:48:37 WIB

Membangun Komunikasi Positif dengan Anak: Pesan Wali Kota Tangerang dalam Webinar Parenting PRADA

Tangerang | detikNews – Dinas Pendidikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengadakan webinar parenting dengan tema “Membangun Fondasi Masa Depan Pribadi Anak dengan Pola Komunikasi PRADA (Get Prepared, Get Rapport, Get Attention, Get Desired, Get Action)”. Webinar tersebut diikuti oleh pengawas, kepala sekolah, dan orang tua siswa se-Kota Tangerang pada Jumat (14/04/2023) kemarin.

Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah yang hadir sekaligus membuka acara daring tersebut menekankan pentingnya membangun komunikasi yang positif dengan anak sejak dini untuk membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Baca juga:  Petualangan Arief-Sachrudin di Trek Mookervart Bike Park dengan Para Goweser: Pengalaman Tak Terlupakan!

“Hal ini sangat penting karena selain meningkatkan harga diri, juga membuat anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri yang positif, serta membantu anak dalam membangun hubungan sosialnya.” ujarnya, Senin (17/04/2023)

“Kita mungkin pernah melihat anak pemalu di depan orang lain, dan ini mungkin salah satunya karena komunikasi yang kurang baik antara orang tua dan anak,” jelas Arief.

Baca juga:  SMK PGRI 3 Randudongkal, Plt. Bupati Pemalang: Manfaatkan Ruang Praktik Siswa Gedung Multimedia dengan Sebaik-baiknya

Arief menambahkan, kemampuan orang tua untuk mendengarkan anaknya sangat penting untuk membangun komunikasi yang efektif.

“Komunikasi yang baik dengan anak tidak hanya melibatkan mereka dalam percakapan, tetapi orang tua juga harus mendengarkan anaknya. Sehingga komunikasi dua arah dapat terjadi antara orang tua dan anak.”

“Makanya penting bagi kita sebagai orang tua untuk memahami pola komunikasi yang tepat dalam webinar ini,” imbuhnya.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Gandeng Bank Jabar Banten untuk Optimalisasi Transaksi Digital dalam Penyaluran Bantuan Sekolah

Lebih lanjut, Arief mengimbau para guru dan orang tua untuk sabar dan selalu menanamkan nilai-nilai moral dan agama dalam mendidik dan berkomunikasi dengan anak.

“Kesabaran tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam berkomunikasi dengan anak, dan tentunya dalam komunikasi tersebut kita harus selalu menanamkan nilai-nilai agama agar anak-anak kita menjadi masa depan bangsa yang bermoral dan masa depan yang cerah, ” tutup Walikota. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait