website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:25:54 WIB

Mengagumkan! BPBD Sukses Mengevakuasi Trenggiling Terancam Punah yang Bersembunyi di Bawah Tanah Laboratorium SMKN 15 Pandeglang

Pandeglang| detikNews – Seekor trenggiling yang masih remaja dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Pandeglang. Evakuasi hewan mamalia tersebut dilakukan di laboratorium komputer SMKN 15 Pandeglang, sebagai upaya untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraannya, Selasa (23/05/2023).

Plt BPBD-PK Pandeglang, Hasan Basri, mengungkapkan keberhasilan tim reaksi cepat (TRC) dalam mengevakuasi trenggiling tersebut. Saat ini, trenggiling tersebut disimpan dengan aman di BPBD-PK Pandeglang.

Baca juga:  Guru SMK Berinisial GM Tertangkap Kasus, Mengaku Tak Beristri: Perdaya Siswi hingga Hamil 6 Bulan di Tangsel

Evakuasi trenggiling membutuhkan usaha yang tidak mudah. Hewan mamalia ini ditemukan berada di dalam sebuah kamar mandi laboratorium komputer sekolah. Sebelum dievakuasi, tim harus membongkar lantai kamar mandi untuk mencapai trenggiling yang bersembunyi di kedalaman sekitar 70 sentimeter.

Hasan Basri juga mengungkapkan bahwa trenggiling yang dievakuasi memiliki bobot sekitar 4 kilogram. Hewan tersebut sebelumnya sudah berhasil diamankan oleh penjaga sekolah, namun kemudian berhasil melarikan diri dan bersembunyi di bawah lantai kamar mandi.

Baca juga:  Benyamin Davnie langsung menuju lokasi kecelakaan bus warga Tangsel di Guci Tegal

Setelah evakuasi, trenggiling kini telah diamankan di kantor BPBD-PK Pandeglang. Rencananya, hewan ini akan diserahkan kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKPSDA) di Serang.

Trenggiling adalah salah satu spesies hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh undang-undang. Langkah yang diambil oleh BPBD-PK Pandeglang dalam mengevakuasi dan menjaga hewan ini merupakan langkah penting untuk melindungi keanekaragaman hayati di wilayah tersebut.

Baca juga:  Tinjau Pasar Pal Tugu Depok, Presiden Jokowi Sebut Harga Bahan Pokok Stabil, Bulog Diminta Lakukan Operasi Pasar untuk Beras

Dengan adanya kerjasama antara berbagai lembaga dan pihak terkait, diharapkan trenggiling ini dapat mendapatkan perawatan yang baik dan kemudian dilepaskan kembali ke habitatnya yang sesuai. Keberhasilan evakuasi trenggiling ini juga menjadi pengingat akan pentingnya upaya konservasi dan perlindungan terhadap satwa yang terancam punah. (RZ)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait