website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 9 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 9 May 2024 | 5:58:35 WIB

Menggali Peluang Karir dan Peningkatan Kualitas Lulusan Analis Kimia di Kampus Aka Caraka

Depok | detikNews – Yayasan Akademi Kimia Analis (AKA) Nusantara Cipta Rasa dan Karsa (CARAKA) Nusantara yang berlokasi di Komplek Timah, Jalan Tugu Raya, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi yang membuka Program Studi Analis Kimia di wilayah Depok dan Jakarta. AKA Caraka adalah kampus khusus yang menghasilkan lulusan berkualitas dalam skala nasional yang kompeten dan berkarakter.

Menggali Peluang Karir dan Peningkatan Kualitas Lulusan Analis Kimia di Kampus Aka Caraka
Sampling udara dengan Praktisi dari industri – PT Artada Nusa Analitika.(Foto : Dok. AKA Caraka)

Menurut Drs.Agus Taufiq, M.Si, Direktur AKA CARAKA, sekitar 95% lulusan AKA Caraka telah berhasil mendapatkan pekerjaan di bidang studi sesuai dengan bidang keahliannya. Beberapa alumni telah sukses mengembangkan usaha di bidang industri kimia, laboratorium Jasa dan Laboratorium kalibrasi. AKA CARAKA telah menerapkan program yang dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja.

Lulusan AKA Caraka Nusantara pun telah meraih karir yang sukses di berbagai bidang seperti industri farmasi, kosmetik, industri makanan dan minuman, industri minyak dan gas, industri kimia, laboratorium penelitian dan akademik, instansi pemerintah, serta layanan analisis seperti layanan laboratorium makanan dan minuman, laboratorium manajemen mutu, laboratorium kalibrasi, kesehatan dan keselamatan kerja, dan lain-lain.

“Dalam hal ini, AKA CARAKA telah menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai pihak industri, laboratorium penelitian, dan lembaga pemerintah untuk memastikan relevansi program studi dengan tuntutan pasar kerja. Kerja sama dalam bentuk praktek kerja lapangan, magang dan praktisi mengajar. Hal ini tercermin dari tingginya penyerapan lulusan AKA Caraka Nusantara di berbagai sektor industri. Kesuksesan ini juga menunjukkan komitmen dalam menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi untuk pembangunan bangsa”, terang Agus, Sabtu, 27/5/2023.

Baca juga:  Dongkrak Produksi Sumur Migas Tua, Ini Inovasi Tiga Sekawan

” AKA Caraka Nusantara memiliki kurikulum yang dirancang dengan cermat sesuai dengan SKKNI dan KKNI untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam analisis kimia serta link and match dengan kebutuhan industri. Kurikulum mencakup mata kuliah inti yang mencakup dasar-dasar kimia, metode analisis, instrumentasi, kimia organik, kimia anorganik, kimia fisik, dan analisis statistik dalam analisis kimia. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan etika profesi di dunia industri dan pemahaman tentang peraturan dan standar yang berlaku di industri terkait”, lanjutnya.

Agus menjelaskan, bahwa dengan tingkat keberhasilan penempatan lulusan yang tinggi dan kualitas pendidikan yang terus ditingkatkan, AKA Caraka Nusantara telah mampu mempertahankan reputasinya sebagai institusi pendidikan yang unggul di bidang analisis kimia. Melalui pendekatan akademik dan praktis yang holistik, AKA CARAKA berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas yang menghasilkan lulusan kompeten yang siap memenuhi tuntutan dunia kerja. Dengan demikian, AKA Caraka Nusantara berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa dan memajukan industri di Indonesia.

“Keberhasilan ini menunjukkan, bahwa pendidikan yang diberikan oleh AKA Caraka Nusantara sangat relevan dengan dunia industri. Program Studi Analis Kimia yang ditawarkan pihak ini dirancang secara komprehensif, mencakup berbagai aspek penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Mahasiswa AKA Caraka Nusantara telah memperoleh pemahaman mendalam tentang berbagai teknik analisis, metode laboratorium, dan aplikasi praktis di industri. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kerjasama tim, komunikasi yang efektif, dan pemecahan masalah”,Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk Praktek kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan.tidak jarang mahasiswa sudah diterima bekerja sebelum lulus”, tandasnya.

Baca juga:  Menyediakan Akses Mudah Air Minum Berkualitas, PT Tirta Asasta Bangun Keran Siap Minum di Berbagai Lokasi di Kota Depok

“Akademi Kimia Analis Caraka Nusantara telah berkontribusi dalam menyediakan lulusan terampil yang siap kerja dan masih banyak dicari sebagai calon manajer menengah/supervisor atau analis kimia di industri manufaktur dan industri laboratorium jasa makanan dan lingkungan. Setiap lulusan mendapatkan dua sertifikasi kompetensi lisensi Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP) . satu-satunya Prodi Analis Kimia yang bernaung di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 Jakarta”, imbuhnya.

Sementara itu, Yuyun Lusini.M.Si Wakil Direktur I Akademik yang juga sebagai Dosen menjelaskan, bahwa Akademi Kimia Analis (AKA) Nusantara Cipta Rasa dan Karsa (CARAKA) Nusantara merupakan lembaga pendidikan tinggi di Depok yang memiliki fokus pada program studi Analis Kimia, dan dalam upaya mempersiapkan para mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, AKA Caraka Nusantara telah menjalin kerjasama yang erat dengan berbagai pihak industri, laboratorium riset, dan instansi pemerintah.

Baca juga:  Didukung 80% Warganya, Sutrisno Siap Lanjutkan Kepemimpinan RT5/RW1 di Periode Keduanya

“Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan bahwa program studi yang kami tawarkan memiliki relevansi yang tinggi dengan tuntutan pasar kerja. Saat ini AKA CARAKA pun telah bekerjasama dengan Kalbe Learning Centre PT. Kalbe Farma dalam program Pembinaan dan pengembangan Program Diploma Analis Kimia berbasis kompetensi yang ber-link dan match dengan industri. AKA CARAKA juga telah memiliki izin dari BNSP sebagai tempat uji kompetensi, dan telah bekerjasama juga dengan LSP Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia (TELAPI), serta Lembaga Sertifikasi (LSP) PT Kalbe Farma untuk penyelenggaraan uji kompetensinya”, jelas Yuyun.

“Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang analisis kimia dalam waktu 30 tahun, AKA Caraka Nusantara terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan yang kita berikan. Dengan reputasi yang telah dibangun dan pekerjaan yang kuat dengan industri serta institusi terkait, juga alumni yang tersebar diberbagai bidang industri manufaktur dan laboratorium jasa, serta jaringan alumni yang kuat AKA CARAKA berperan penting dalam mencerdaskan bangsa dan berkontribusi dalam pengembangan industri di Indonesia”, ungkapnya.

Menggali Peluang Karir dan Peningkatan Kualitas Lulusan Analis Kimia di Kampus Aka Caraka
Beberapa alumni telah sukses mengembangkan usaha di bidang industri kimia, laboratorium Jasa dan Laboratorium kalibrasi.(Foto : Dok. AKA Caraka)

“AKA Caraka Nusantara telah menghasilkan lulusan-lulusan terampil yang siap bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga ahli di berbagai sektor industri, laboratorium, dan bidang – bidang lainnya”, pungkas Yuyun.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait