website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 2:48:38 WIB

Menutup Tahun, Ini Yang Dilakukan Kemenag Jatim

Surabaya | detikNews – Berbicara masifnya mensosialisasikan kebijakan pada masyarakat, maka Kemenag Jatim jagonya. Hal ini terbukti rutinnya institusi Dr. H. Husnul Maram, M.H.I., yang hadir di tengah masyarakat untuk melakukan berbagai sosialisasi terkait haji dan umrah. Setelah sebelumnya rutin diseminasi dan Jagong Masalah Umrah dan Haji (JAMARAH) di Kabupaten Kota, Kemenag Jatim langsungkan sosialisasi Peningkatan Mutu Layanan Melalui Digitalisasi Informasi Haji Umrah Tahun 2022 dan Konsinyering Laporan Keuangan Pengelolaan Keuangan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji (LK PKOPIH) Tahun 2022.

Jika Peningkatan Mutu Layanan Melalui Digitalisasi Informasi Haji Umrah berlangsung di Sidoarjo, maka Konsinyering LK PKOPIH berlangsung di Mojokerto.

Baca juga:  Menakjubkan! Pria Asal Gayo Lues Dituntut Pidana Mati karena Mengangkut 1,3 Ton Ganja ke Medan oleh JPU

Kakanwil Jatim, Dr. H. Husnul Maram, M.H.I.., menjelaskan dua tujuan utama pelaksanaan tersebut, yaitu membangun tata kelola yang baik dan penguatan digitalisasi.

“Perencanaan yang betul penting untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan regulasi. Ketika perencanaan sudah tepat, maka pelaksanaan dan tata kelola bisa berjalan baik. Tentu, kesemua aspek tersebut, apalagi laporan, harus betul-betul dapat dipertanggungjawabkan. Oleh sebabnya, asas kepatuhan sesuai regulasi, penting untuk menjadi komitmen bersama.”

“Selain itu, penguatan skill memanfaatkan digitalisasi juga sangat penting mengingat Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas telah membuat banyak gebrakan di bidang digitalisasi.”

Baca juga:  Deni Sakti Tegaskan PLT Ketua DPD II KNPI Lombok Tengah Bersifat Panitia Musda Kembali

Tak lupa, Doktoral Studi Islam UINSA tersebut, menyampaikan apresiasi peningkatan pelayanan haji yang dilakukan oleh Menteri Agama RI, Gus Yaqut Cholil Qoumas, yaitu terutama terkait kepedulian Gus Menteri dan jajarannya melayani jamaah haji yang sakit, serta tata kelola yang baik dalam mengatur daftar antrian haji.

“Indonesia mengedapankan prosedur kapan pemberangkatan haji secara adil sesuai dengan urutan antrian. Sedangkan di beberapa negara lain, justru mempergunakan undian untuk mengetahui siapa yang berangkat haji. Dan untuk menekan panjangnya antrian, Gus Menteri pun terus berupaya mengajukan penambahan kuota dari Kerajaan Arab Saudi.”

Baca juga:  Gerombolan Monyet 'Menyerbu' Perumahan di Depok, Membuat Warga Ketakutan

Dalam kedua acara tersebut, jajaran Kemenag Jatim kompak hadir, diantaranya adalah Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Dr. H. Abdul Haris M.Pdi., Sub Koordinator Bina Umrah dan Haji Khusus KH. Machsun Zain, MSi., Sub Koord Administrasi Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Hj. Fentin Istifaiyah, MSi., dan Sub Koordinator Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Hj. Eliana, MHI.(okik)

Penulis : Dr Lia Istifhama. M.E.I. Sekertaris MUI Jatim

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait