website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 2:28:51 WIB

Penataan Kawasan Akademik ITB dan RS Hasan Sadikin, Ema Sumarna: Tidak Akan Ada Lagi Negosiasi Dengan Para PKL

Bandung | detikNews – Kawasan akademik Institut Teknologi Bandung (ITB) dan sekitar fasilitas kesehatan Rumah Sakit Hasan Sadikin Jalan Eyckman akan mengalami penataan ulang dengan tujuan menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL). Rencananya, relokasi akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini di dua kawasan tersebut. Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, telah menyatakan bahwa tidak akan ada lagi negosiasi dengan para PKL yang menolak untuk ditertibkan, Jumat (21/07/2023)

Ema mengatakan, para PKL di Kawasan Ganesha akan direlokasi ke Jalan Gelap Nyawang dan bergabung dengan PKL eksisting di sana. Sedangkan, para PKL di Jalan Eyckman akan dipindahkan ke lahan milik Rumah Sakit Hasan Sadikin. Garis-garis parkir yang ada saat ini di kedua kawasan tersebut akan dihapuskan untuk menghilangkan parkir liar dan PKL. Selain itu, spanduk kampanye di sekitar kampus juga akan ditertibkan.

Baca juga:  Diduga Tidak Tersentuh Perawatan, Begini Penampakan Gapura Perbatasan Taput - Tapsel

Ema menegaskan bahwa para PKL di Jalan Eyckman akan terus didorong untuk relokasi ke dalam lahan RSHS yang sudah disiapkan dengan tenda yang disediakan. Keberadaan PKL di daerah tersebut telah menyebabkan kemacetan di sekitar RSHS dan kampus ITB, ditambah lagi dengan parkir liar di sekitarnya.

Untuk menangani masalah ini, Ema menyatakan akan mengurai kemacetan tersebut dengan menetapkan zona merah dan menempatkan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP untuk memberikan sanksi kepada pelanggar. Plh. Kepala Dishub Kota Bandung, Ricky Gustiadi, menambahkan bahwa Jalan Ganesha akan dipasang rambu dan marka sebagai bagian dari upaya penataan.

Baca juga:  Remaja Diamankan Polisi Saat Akan Terlibat Perang Sarung di Tangerang

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Bandung, Atet Dendi Handiman, menyatakan bahwa relokasi PKL di Jalan Ganesha sudah dibahas bersama koordinator PKL. Namun, relokasi PKL di Jalan Gelap Nyawang masih memerlukan diskusi lebih lanjut karena trotoar di daerah tersebut relatif sempit dan akan berhadapan langsung dengan PKL yang sudah ada di sana.

Baca juga:  Sang Pendobrak Demokrasi Indonesia Yang Terlupakan

Selain itu, progres untuk gerobak berjualan PKL di Jalan Eyckman sudah mencapai tahap finishing. PT. Danone, mitra dari Dinas Koperasi UKM Kota Bandung, akan menyediakan gerobak di tempat relokasi, dan saat ini sedang dalam proses pemasangan stiker.

Upaya penataan ini diharapkan dapat meningkatkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di kawasan akademik ITB dan sekitar Rumah Sakit Hasan Sadikin, serta memberikan solusi bagi PKL agar dapat berjualan secara teratur dan sesuai dengan aturan yang berlaku.(Ed)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait