website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 15:54:12 WIB

Perbaikan Jalan Melalui Dana Stimulan P2RW, Keberhasilan di RW 05 dan RW 06 Kelurahan Sudajaya Hilir

Sukabumi | detikNews – Pemanfaatan dana stimulan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di RW 05 dan RW 06 Kelurahan Sudajaya Hilir Kecamatan Baros telah membawa dampak positif dalam memperbaiki kondisi jalan di wilayah tersebut, terlihat hasil pembangunan P2RW yang telah dilakukan, Jumat (21/07/2023)

Di RW 05, Ketua RW Andi Saputra menjelaskan bahwa dana stimulan tersebut telah digunakan untuk memasang paving block di area jalan seluas 50 meter persegi, serta pembangunan rabat beton sepanjang 100 meter. Dalam proses pembangunan ini, masyarakat juga ikut berpartisipasi dengan memberikan swadaya, termasuk dengan memberikan hibah tanah untuk dijadikan jalan gang. Keikutsertaan aktif masyarakat dalam bentuk gotong royong dan swadaya tersebut terbukti menghasilkan kurang lebih Rp. 9 juta sebagai upah kerja untuk pembangunan tersebut.

Baca juga:  Cegah Stunting, TP PKK Kertapati Terapkan PMT

Sementara itu, di RW 06, Ketua RW Aceng juga menyampaikan bahwa dana stimulan P2RW telah dimanfaatkan untuk memperbaiki lima lokasi jalan dengan total panjang sekitar 90 meter. Di wilayah ini, partisipasi masyarakat juga sangat berarti, dan swadaya yang diberikan oleh masyarakat telah mendukung proses pembangunan sehingga total jalan yang diperbaiki mencapai sepanjang 125 meter.

Baca juga:  Peduli Warga Tidak Mampu, Dandim 0418/Palembang Buatkan Rumah untuk Sahri Yayubi

Lurah Sudajaya Hilir, Dendi Firmansyah, turut menjelaskan bahwa penggunaan dana P2RW di wilayahnya lebih difokuskan pada pekerjaan untuk meningkatkan kualitas jalan. Antusiasme masyarakat dalam berpartisipasi juga sangat membanggakan, dengan rata-rata swadaya di setiap RW mencapai sekitar Rp. 7 juta. Dendi mengharapkan agar masyarakat tetap merawat dan menjaga setiap sarana prasarana yang telah dihasilkan melalui program stimulan ini.

“Dalam hal ini, saya mengimbau kepada seluruh warga agar menjaga dan merawat jalan yang sudah diperbaiki dengan dana P2RW. Jalan-jalan ini adalah milik kita bersama, dan mari kita tingkatkan kesadaran untuk menjaga dan memeliharanya dengan baik,” jelas Lurah Dendi.

Baca juga:  Sinergi Kebaikan untuk Umat antara MTTF dengan DP MUI Kecamatan Lahewa Timur dan Masjid Taqwa Idanondrawa

Dengan adanya perbaikan jalan melalui pemanfaatan dana stimulan P2RW ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Kelurahan Sudajaya Hilir secara keseluruhan. Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dalam program ini juga menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan kepedulian dalam memajukan lingkungan setempat. Semoga upaya ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi warga dan lingkungan sekitar. (RN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait