website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 27 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 27 April 2024 | 0:54:53 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Venue KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo dan Promosikan Tempat Wisata NTT Bersama Keluarga

Jakarta | detikNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk meninjau venue KTT ASEAN ke-42. Jokowi tidak sendiri, ia mengajak dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, serta kedua putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta istri Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep beserta istri Erina Gudono.

“Kurang dari tiga minggu lagi, KTT ASEAN ke-42 dilaksanakan di Indonesia. Hari ini, saya mengunjungi lokasi pelaksanaan KTT tersebut di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur”, ucap Jokowi melalui Instagramnya, Minggu (23/4/2023).

Dalam kunjungannya Jokowi mengungkapkan, bahwa KTT ASEAN ke-42 akan segera dilaksanakan dalam waktu kurang dari tiga minggu di Indonesia. Oleh karena itu, ia ingin memastikan kesiapan Labuan Bajo sebagai tempat pelaksanaan KTT untuk menerima para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dari negara-negara anggota ASEAN.

Baca juga:  Putin Mengirim Pesan Kuat kepada Inggris untuk Berhenti Memasok Uranium Terdeplesi ke Ukraina

“Saya meninjau kesiapan Labuan Bajo menerima kehadiran para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan dari negara-negara anggota ASEAN”, ungkapnya.

Jokowi dan keluarga mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, salah satunya adalah Gua Batu Cermin. Mereka berjalan kaki dan menaiki sejumlah anak tangga untuk sampai ke Gua tersebut. Di sana, Jokowi dan kedua cucunya berhenti untuk duduk di anak tangga sambil menikmati pemandangan dan berbincang-bincang sejenak.

“Sudah ya, sudah lihat gua semuanya”, ujar Jokowi kepada kedua cucunya.

Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Batu Payung atas permintaan cucu Jokowi, Jan Ethes. Di sela-sela peninjauan, Jokowi juga berfoto bersama dengan masyarakat yang sedang berwisata di Gua Batu Cermin.

Baca juga:  Konflik Memanas: Israel dan Milisi Palestina Terlibat Pertempuran Sengit di Gaza

“Ayo, Ethes minta ke Batu Payung”, tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengunjungi sejumlah stand UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan membeli beberapa suvenir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT, seperti kain, topi Bucket, dan topi pantai. Jokowi berharap souvenir-souvenir tersebut dapat memiliki kualitas yang baik dan berciri khas daerah NTT, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN yang hadir di KTT nantinya akan tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut, demikian diungkapkan oleh Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

“Pada pelaksanaan KTT ASEAN nanti, Presiden berharap para UMKM tersebut dapat menghadirkan suvenir dengan kualitas yang baik dan berciri khas daerah tersebut, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN nantinya akan tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut”, ucap Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca juga:  Bandara Kertajati Siap Melayani Penerbangan Haji, Umrah, dan Reguler ke Berbagai Destinasi

Bey juga menjelaskan, bahwa Jokowi ingin mempromosikan semua tempat wisata yang ada di Labuan Bajo kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang hadir di KTT ASEAN. Oleh karena itu, Jokowi mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut agar dapat memperkenalkan keindahan Labuan Bajo secara langsung dan detail kepada tamu-tamu internasional tersebut.

“Sehingga Presiden merasa perlu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada, agar dapat mempromosikan keindahan Labuan Bajo secara langsung dan detail”, terang Bey.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait