website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 19:47:40 WIB

Proses Kajian Water Tank PDAM Depok Menuai Keluhan Warga

Depok | detikNews – Sebuah tangki air PDAM yang berkapasitas 10 juta liter dan terletak di tengah permukiman warga di Perumahan Pesona Depok II, Jawa Barat, menuai keluhan dari warga sekitar. PDAM berencana melakukan audiensi bersama warga untuk membahas masalah ini setelah tanggal 6 April.

Direktur Operasional PT. Tirta Asasta Depok (Perseroda), Sudirman, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengajukan kajian dari Lembaga Teknologi (Lemtek) Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan evaluasi dan teknis pada tangki air tersebut. Sudirman juga menambahkan bahwa rekomendasi dari Lemtek UI akan ditindaklanjuti terlebih dahulu sebelum tangki air beroperasi.

“Kita lakukan audiensi setelah tanggal 6 April. Nanti ada audiensi akan melibatkan tim penilai kita juga. Cuma masih menunggu hasil final”, ucap Direktur Operasional PT. Tirta Asasta Depok (Perseroda) Sudirman, Minggu 2/3/2023.

Saat ini, pihak PDAM belum mengoperasikan tangki air tersebut. Sudirman menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki prosedur evaluasi dan penilaian terhadap pengerjaan tangki air tersebut. Proses pengkajian oleh Lemtek UI memang memakan waktu yang cukup panjang karena harus menguji keseluruhan tangki air.

Baca juga:  6 Orang Warga Cinere Dapat Bantuan Rumah Tidak Layak Huni, ini Daftar Namanya

“Kita sedang mengajukan kajian dari Lemtek UI untuk melakukan evaluasi dan teknis. Nanti rekomendasinya seperti apa dari Lemtek UI, sebelum itu beroperasi kita akan tindaklanjuti dulu hasil Lemteknya”, ungkapnya.

Sudirman mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada warga terkait pengkajian tangki air oleh Lemtek UI yang diperkirakan akan memakan waktu selama 3 bulan. Namun, pengkajian tersebut mundur karena Lemtek UI perlu melengkapi administrasi serta mengkaji struktur beton, tangki air, tanah, dan sebagainya.

“Kita juga belum mengoperasikan kita sesuai kesepakatan. Kita memang ada proses prosedur setiap pekerjaan memang ada evaluasi dan penilaian terhadap pekerjaan kita”,  jelasnya.

Baca juga:  Menkominfo Harus Tetap Fokus: Larang Judi Online demi Amanat UU, Tegaskan HNW

“Jadi kita proses Lemtek nya ini agak panjang karena masalah administrasi dan pengerjaannya sendiri mereka kan benar – benar menguji keseluruhan itu sampai saat ini Lemtek belum laporan final pada kita”, lanjutnya.

Sebelumnya, warga sekitar mengeluhkan adanya tangki air di tengah permukiman mereka. Warga khawatir tangki air tersebut akan berdampak buruk jika terjadi kebocoran atau kerusakan. Hal ini terjadi sebelumnya pada bulan Juni atau Juli 2021, ketika tembok batas perumahan dengan tangki air tersebut jebol dan menyebabkan banjir lumpur ke permukiman.

“Saya sudah menyampaikan memang waktu itu perkiraan 3 bulan karena sempat tanya berapa ternyata mereka harus melengkapi administrasi dll, jadi agak mundur. Di dalam lingkup ini mereka memang mengkaji struktur beton, water tank, tanah, semua dikaji ulang sama mereka jadi nanti rekomendasinya apa. Kalo ada hasil rekomendasi itu akan kita tangani tindaklanjuti”, ungkapnya.

Baca juga:  Bozan Hadir, Para Tamu Undangan Histeris Minta Foto Bersama

Ketua RT04/RW26, Perumahan Pesona Depok II, Bewikana Setiyadi, mengatakan bahwa pihak PDAM telah memperbaiki kerusakan tersebut dan meminta maaf kepada warga. Namun, warga masih merasa khawatir dengan keberadaan tangki air tersebut.

“Sekitar bulan Juni atau Juli tahun-tahun itu terjadi jebol karena hujan, pada waktu itu belum jadi, cuma galian tanah itu jebol air tanahnya itu kebawa sampai ke perumahan dan itu diperbaiki sama mereka, minta izin dan minta maaf karena jebol itu. Tapi terus dilanjutkan lagi sampai selesai”, ujar Bewikana, Jum’at 31/3/2023.

Dalam audiensi yang akan dilakukan setelah tanggal 6 April, diharapkan warga dapat mengemukakan masalah mereka secara terbuka dan konstruktif kepada pihak PDAM. Dengan begitu, diharapkan dapat ditemukan solusi yang memuaskan bagi semua pihak terkait.(NW)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait