23.4 C
Indonesia
Jum, 27 Januari 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Jumat, 27 Januari 2023 | 20:12:31 WIB

Tanggapi Statement Desakan Ketua PWRI Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor : Pemerintah Harus Menjadi Yang Terdepan Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Bogor | detikNews – Statement tegas yang dilontarkan Ketua DPC PWRI Bogor Raya Rohmat Selamat.SH.M.Kn terkait desakannya kepada pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kota dan Kabupaten Bogor tentang penambahan fasilitas infrastruktur dan alat kesehatan yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) baik diwilayah Kota maupun Kabupaten Bogor, ditanggapi senada oleh Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto yang menyatakan setuju dengan statement yang dikatakan Pengacara Muda tersebut.

“Setuju..RS milik Pemerintah harus menjadi yang terdepan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, baik melalui kelengkapan Alkes, Faskes, Nakes, maupun ruangan dan obat-obatan”, ucap Ketua DPRD Kota Bogor, Rabu 30/11/2022.

“Tinggal bagaimana kemudian pihak RS dapat menghitung rasio kebutuhan sesuai dengan panduan dari Kementerian Kesehatan”, sambungnya.

Politisi PKS Kota Bogor ini menerangkan, bahwa terkait program layanan kesehatan bagi warga yang kurang mampu, dalam pembahasan anggaran antara DPRD dan TAPD Pemkot, untuk memperluas Coverage layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya bagi warga kurang mampu, telah dianggarkan BPJS PBI yang pembayaran preminya dibayarkan oleh Pemerintah.

Baca juga:  Ayah Kandung Menyetubuhi Anaknya di Kabupaten Luwu

“Dananya bersumber dari APBN, APBD Jabar, dan APBD Kota Bogor. Selain itu juga dialokasikan jaminan kesehatan Kota untuk membantu warga tidak mampu yang belum tercover BPJS”, terangnya.

“Kita berharap nantinya dari APBN dan APBD Propinsi bisa ditingkatkan, agar bisa mengcover seluruh warga tidak mampu yang belum punya BPJS”, pungkas Atang.

Ditempat terpisah, Rohmat Selamat.SH.M.Kn menerangkan, bahwa keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) khususnya di Kota/Kabupaten Bogor idealnya, harus mengacu kepada standarisasi yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan, dan fasilitas kesehatan pemerintah tentunya wajib menjadi tolok ukur bagi Rumah Sakit Swasta, baik dari segi infrastruktur maupun Alkes, Nakes, serta kelengkapan standart lainnya.

Baca juga:  Lomba Khazanah Arsip Audiovisual 2022 Kota Depok, Ini Para Juaranya

“Standar Pelayanan Minimal (SPM) tentunya menjadi suatu kewajiban dokumen yang wajib dimiliki oleh Rumah Sakit, sebagai pedoman dalam menjamin pelaksanaan pelayanan kesehatan, yang sesuai Keputusan Menteri Kesehatan R.I. No.129/Menkes/SK/11/2008 dan Peraturan Menteri keuangan RI. No 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU”, terang Ketua DPC PWRI Bogor Raya.

“Hal tersebut sangat penting dilengkapi, agar pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, semua prosesnya bisa terarah dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan”, sambungnya.

Advokat Muda yang super aktif ini meminta kepada semua pihak terkait, khususnya para anggota DPRD baik Kota maupun Kabupaten, untuk turun langsung melihat serta mengevaluasi segala bentuk kekurangan fasilitas-fasilitas yang ada di RSUD, agar kebutuhan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan masyarakat bisa benar-benar direalisasikan hingga tidak ada lagi keluhan-keluhan penanganan kesehatan yang menyebabkan kebingungan masyarakat.

Baca juga:  Hari ini...!!! 89 Desa se-Kabupaten Asahan Akan Menggelar Ajang Demokrasi Pemilihan Kepala Desa Serentak

“Khususnya kepada komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor untuk bisa secepatnya merespon keluhan-keluhan masyarakat, dan segera merealisasikannya, agar masyarakat benar-benar merasa bahwa pemerintah itu ada untuk melayani masyarakatnya”, tegas Rohmat.

“Cobalah di cek beberapa Ruang NICU PICU di seluruh RSUD wilayah Kabupaten Bogor ini sangatlah kurang sekali. Ruangan ini sangat penting bagi kebutuhan kesehatan anak-anak, yang notabene akan menjadi generasi penerus masa depan bangsa ini”, lanjutnya.

“Terimakasih banyak atas respon yang telah dilakukan Pak Atang Trisnanto selaku Ketua DPRD Kota Bogor. Semoga arah dan tujuan yang sama ini bisa secepatnya terwujud, yang tidak lain dan tidak bukan untuk kepentingan masyarakat khususnya diwilayah Bogor Raya”, tutup Ketua DPC PWRI Bogor Raya.(Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait