website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 14:45:15 WIB

Tingkatkan Kesadaran Lingkungan, BEM Vokasi UI Berikan Edukasi Penguraian Sampah Kepada Warga Pesisir Muara Bungin

Bekasi | detikNews – Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 mengungkapkan, bahwa jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21.1 juta ton. Dari jumlah tersebut, 65.71% (13.9 juta ton) berhasil dikelola, sementara 34,29% (7.2 juta ton) belum terkelola dengan baik. Kesadaran masyarakat dan keterlibatan aktif mereka dalam pengelolaan sampah adalah kunci dalam menciptakan budaya bersih sebagai bagian dari identitas bangsa.

Baca juga:  STIKesMu Lhokseumawe Bekali Edukasi PHBS Pada Siswa SD

Gertakau Vokasi UI 2023, sebuah program pengabdian masyarakat dari Departemen
Sosial Masyarakat Lingkungan Hidup BEM Vokasi UI memberikan edukasi dan kesadaran lingkungan kepada masyarakat Pantai Desa Bakti, Muara Bungin, Bekasi, Sabtu (07/10).

Edukasi tersebut disampaikan salah satunya melalui papan informasi kreatif. Papan yang dibuat berisi informasi estimasi waktu penguraian sampah yang dibuang sembarangan. Papan informasi tersebut dirancang dengan menarik dan sesingkat mungkin untuk memancing perhatian masyarakat sekitar, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran tentang urgensi untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di area pantai.

Baca juga:  Penemuan Mahasiswa UI Tewas Mengenaskan Terbungkus Plastik di Depok

GERTAKAU Vokasi UI 2023 tidak hanya
memberikan edukasi, tetapi juga turun ke
lapangan langsung untuk ‘Beach Clean-up
secara serentak. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari warga setempat, dilihat dari beberapa bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak kecil yang turut serta memungut sampah.

Dengan upaya edukasi ini, pemerintah Desa setempat berharap, agar masyarakat Desa Pantai Bakti bisa menerapkan informasi tersebut dengan di keseharian mereka, dan sadar bahwa justru merekalah yang memegang peranan penting dalam upaya menuju pelestarian lingkungan bersih ini.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait