website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 14:26:00 WIB

Walikota Tangerang: Pentingnya DKM dalam Berkolaborasi dengan Pemerintah Memberantas Isu Sosial

Tangerang | detikNews – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) merupakan salah satu elemen penting yang berperan penting dalam bekerja sama dengan pemerintah untuk memberantas masalah sosial. Hal itu disampaikan Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah  saat membuka Workshop Pemberdayaan Penggerak Masjid yang diselenggarakan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tangerang, di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (01/04/2023) kemarin.

Arief mengatakan, keberadaan DKM tidak hanya penting untuk memakmurkan Masjid melalui kegiatan keagamaan, tetapi juga untuk pemberdayaan masyarakat sekitar Masjid dan Mushala di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Baca juga:  Tim Monev Disnaker Kota Depok: Perusahaan Wajib Bayar THR Tepat Waktu

“Seluruh elemen di kota Tangerang memiliki peran dan tanggung jawab yang sama untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Jika Masjid sejahtera, masyarakat sekitar Masjid juga harus sejahtera,” jelas Walikota dalam acara yang dihadiri 104 perwakilan pengurus Masjid dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

Selain itu, Walikota juga berharap Masjid dan Mushala dapat membantu mensosialisasikan program-program yang dimiliki Pemkot Tangerang, khususnya dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Baca juga:  Kejadian Mengerikan di Jepara: Remaja Diperkosa Berkali-kali dalam Kasus Pasutri yang Memaksa Threesome

“Pemkot memiliki berbagai program beasiswa dan bantuan modal usaha, agar saudara-saudara kita juga bisa berjuang untuk meningkatkan kualitas hidupnya,” ujar Walikota.

Arief juga mengimbau kepada seluruh Pengelola Masjid dan Mushala yang juga berfungsi sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk mensosialisasikan pembayaran zakat fitrah sejak dini agar proses pengumpulan dan pendistribusian zakat kepada mustahik (penerima) dapat lebih optimal.

Baca juga:  Membangun Komunikasi Positif dengan Anak: Pesan Wali Kota Tangerang dalam Webinar Parenting PRADA

“Tahun lalu terkumpul zakat 2,72 miliar. Mudah-mudahan kalau bisa diinformasikan lebih awal, dana yang terkumpul lebih besar lagi, dan lebih banyak lagi masyarakat yang tertolong,” pungkas Walikota. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait