website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 11:28:59 WIB

Disdik Kota Bandung Memastikan Kesempatan Pendidikan Setara Bagi Siswa RMP Tahun 2023

Bandung | detikNews – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menghadapi laporan terkait 36 calon siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) yang dinyatakan tidak dapat diterima di sekolah. Namun, setelah melakukan audiensi bersama Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), Disdik menyatakan bahwa sebenarnya 36 calon siswa tersebut telah diterima di sekolah baik negeri maupun swasta.

Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menjelaskan dalam mediasi yang telah dilakukan, Disdik menjelaskan bahwa beberapa sekolah negeri sudah penuh sehingga tidak semua calon siswa dapat diterima di sekolah negeri. Meskipun begitu, terdapat 128 sekolah swasta di Kota Bandung yang masih memiliki kuota untuk menerima siswa RMP. Ia menegaskan bahwa baik di sekolah negeri maupun swasta, para siswa tidak perlu membayar uang Daftar Susunan Pembayaran (DSP) dan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP).

Baca juga:  Kota Bandung Memasuki Usia 213 Tahun dengan Logo Baru yang Penuh Makna

“Disdik memfasilitasi seluruh calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga RMP untuk melanjutkan di sekolah swasta, tidak harus di sekolah negeri. Di sekolah swasta, para siswa RMP juga akan diperlakukan sama seperti di sekolah negeri, dengan tidak dipungut biaya DSP dan SPP,” jelasnya, Jumat (21/07/2023)

Sejak 11 Juli 2023, Disdik telah memberikan pelayanan langsung kepada para calon siswa tersebut. Para siswa RMP juga telah mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah baru mereka. Selain itu, Disdik Kota Bandung akan memberikan pendampingan khusus kepada para siswa RMP untuk memastikan mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

Baca juga:  Dana BOS SMP Islam Al-Falah Tak Kunjung Cair, H.Imam Musanto Desak Disdik Depok Agar Segera Berikan Rekomendasi Pencairan Hak Para Guru

Hikmat Ginanjar juga menambahkan bahwa Disdik siap menangani segala pengaduan dugaan kecurangan yang diterima dari FMPP. Disdik mengajak masyarakat untuk segera melaporkan dugaan kecurangan tersebut agar dapat segera ditindaklanjuti.

Merespon keterangan dari Disdik Kota Bandung, Ketua FMPP Jawa Barat, Illa Setiawati, memberikan apresiasi atas respons cepat dari Kepala Disdik Kota Bandung dalam menangani keluhan masyarakat. Illa Setiawati mengucapkan terima kasih atas penyelesaian yang cepat tersebut, sehingga para calon siswa dapat bersekolah pada hari Senin mendatang.

Baca juga:  Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua FMPP Kota Bandung, Hengki Siagian, yang mengapresiasi tindakan cepat dari Disdik. Hengki menyatakan bahwa mereka merasa lega karena mendapatkan respon yang cepat sehingga anak-anak dapat melanjutkan sekolah pada hari Senin berikutnya. (Ed)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait