website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 12:14:27 WIB

Dukung Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Pemkab Pemalang Launching Gema PAUD

Pemalang | detikNews – Salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang dalam mendukung pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yakni dengan di Launching nya Gema PAUD.

“Launching Gema PAUD ini adalah Sebagai upaya pemenuhan indikator tersosialisasinya layanan PAUD kepada masyarakat,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang, Basuki, Rabu (31/05/2023)

Selain itu, lanjutnya juga bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah jenjang PAUD di Kabupaten Pemalang, serta sebagai sarana untuk mengapresiasi kemampuan peserta didik PAUD, baik dalam aspek kemampuan seni, motorik, bahasa, sosial dan emosional.

“Peserta kegiatan kali ini sebanyak 1.204 anak dari perwakilan lembaga PAUD, di wilayah 14 Kecamatan Se-kabupaten Pemalang,” jelas Basuki.

Ia juga mengungkapkan, dalam acara tersebut, beberapa kegiatan dan jenis festival juga di selenggarakan, diantaranya, tarian Masal Tari Goyor, Parade Tarian Daerah Nusantara, Perkusi Alat Dapur, Lari Halang Rintang, Fashion Show Bahan Daur Ulang, Senam Irama Dengan Alat, Lari Estafet Gembira dan Lomba Geguritan, terangnya.a

Baca juga:  Disdik Depok Terbitkan Kebijakan Baru Untuk Kegiatan Belajar Mengajar Selama Ramadhan 1444H

Dalam Kesempatan tersebut, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengatakan bahwa, pelaksanaan program Gema PAUD dan Festival PAUD Tingkat Kabupaten Pemalang, menjadi salah satu bentuk komitmen nyata pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan PAUD.

“Kondisi angka partisipasi sekolah jenjang PAUD di Kabupaten Pemalang saat ini masih di angka 70%, di bawah angka yang menjadi harapan nasional yaitu 100%, mudah-mudahan dengan terselenggaranya program Gema PAUD ini dapat mencapai angka 100 persen, ” harapnya.

Baca juga:  Tingkatkan Pendidikan Anak, Lurah Mekarjaya Ajak Sekolah Terapkan Konsep Ramah Anak

Keseriusan pihaknya dalam pengembangan PAUD, sambung Mansur, dilandasi beberapa fakta, diantaranya yakni, PAUD sangat berpengaruh dalam perkembangan intelektual dan mentalitas anak.

“Usia emas pada anak-anak, yaitu umur 0-6 tahun merupakan masa-masa penting bagi pertumbuhan anak, karena di usia ini terjadi perkembangan pesat dari segi fisik maupun psikis, yang sangat penting bagi tahap pertumbuhan selanjutnya, ” tutur Mansur.

Selain itu, Mansur Hidayat juga menambahkan, bahwa kemampuan yang dibangun pada usia dini juga akan berperan penting dalam membentuk kesiapan diri anak dalam memasuki pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Bahkan menurut penelitian, kecerdasan seorang anak mencapai 50% pada usia 0-4 tahun hingga usia 8 tahun, dan puncaknya 100% di usia 18 tahun.

Baca juga:  Plt Bupati Pemalang: Mengisi Kemerdekaan Dengan Hal-hal Positif, Bersatu dan Bergotong Royong

“Saya berharap program Gema PAUD bisa didukung oleh berbagai unsur di Kabupaten Pemalang, sehingga akan ada proses yang signifikan terhadap peningkatan angka partisipasi sekolah jenjang PAUD, ” harap Mansur.

“Keberhasilan program Gema PAUD ini bukan terletak pada kerja Pemda saja, namun diperlukan dukungan dan peran semua komponen stakeholder yang menjadi kunci utama kesuksesan program Gema PAUD ini,” tambahnya.

Launching Gema PAUD tersebut, selain di hadiri oleh Plt Bupati Mansur Hidayat S.T bersama Forkopimda juga di hadiri Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia. Acara yang di selenggarakan dengan aneka Festival PAUD tingkat Kabupaten Pemalang tersebut berlangsung di Sirkuit Pantai Widuri Pemalang. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait