website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 4:13:38 WIB

Evaluasi Persiapan SPBE 2023 Kota Depok, Kemenpan-RB Tekankan Ini

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), telah mengadakan pertemuan dengan Perangkat Daerah (PD) terkait untuk mengevaluasi persiapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di tahun 2023. Pertemuan tersebut juga membahas rencana target indeks SPBE yang akan ditingkatkan pada tahun ini.

Menurut Koordinator Tata Kelola Teknologi Informatika Diskominfo Kota Depok, Tri Uvi Fauziah, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), terdapat rencana kenaikan indeks SPBE menjadi 3,45. Hal ini memerlukan upaya lebih agar SPBE di Kota Depok benar-benar dapat meningkat, sehingga targetnya dapat tercapai. Pada tahun 2022, indeks SPBE Kota Depok mencapai 3,42.

Baca juga:  Pegawai KPK Terlibat dalam Program Pendidikan di Lemhanas RI, Brigjen Endar Priantoro Termasuk di Antara Mereka

Sebagai tindak lanjutan, Diskominfo Depok bersama narasumber ahli di bidangnya melakukan evaluasi terhadap SPBE di tahun 2022. Evaluasi tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat dijadikan catatan penting untuk masa depan.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas perubahan peraturan terkait metode evaluasi yang berasal dari pemerintah pusat. Perubahan ini akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama yang akan dikerjakan. Diskominfo Depok berkeinginan untuk membahas secara lebih rinci empat domain yang terkait, yaitu kebijakan, tata kelola, manajemen, dan pelayanan. Diskusi mendalam akan dilakukan untuk setiap domain secara bertahap.

Baca juga:  Pince Saragih Meminta Kasus Kematian Bripka AS Dibuka dengan Jelas dan Transparan

Evaluator Eksternal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Mohammad Iqbal, menyatakan bahwa nilai SPBE di Kota Depok berada pada posisi yang baik dan termasuk tinggi di Jawa Barat. Ia yakin bahwa pada tahun 2023, SPBE masih dapat ditingkatkan lagi.

Iqbal menekankan bahwa aspek tata kelola dan manajemen perlu ditingkatkan dan dioptimalkan. Namun, dalam hal kebijakan dan layanan perangkat lunak, Kota Depok dinilai telah memiliki prestasi yang baik. Harapannya adalah agar pada tahun 2023 ini, peningkatan yang lebih signifikan dapat dicapai. Indikator keberhasilan SPBE adalah adanya layanan berbasis elektronik yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Baca juga:  Sekda Depok Mendorong Anggota DWP untuk Menekankan Gaya Hidup Sederhana secara Aktif

“Bagian tata kelola dan bagian manajeman yang harus ditingkatkan serta dioptimalkan, sedangkan untuk kebijakan dan layanan software bagus. Mudah-mudahan di tahun 2023 ini bisa meningkat. Karena indikator SPBE adalah menunjukan layanan berbasis elektronik yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Mohammad Iqbal. (Edh)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait