website statistics
25.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 19:44:06 WIB

Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Strategi Pemerintah Berhasil Kurangi Volume Arus Balik Lebaran Idul Fitri 2023

Jakarta | detikNews – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penurunan volume kendaraan selama mudik pasca Lebaran 2023. Menurutnya, kondisi ini tidak lepas dari strategi pemerintah.

“Setelah dilakukan pengecekan, kami melihat ada penurunan volume kendaraan pada saat seharusnya puncak eksodus hari ini, dan Alhamdulillah,” kata Sigit kepada wartawan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 72, Selasa (25/4/ 2023).

Baca juga:  Revitalisasi Pasar Anyar Siap Dimulai Semester Kedua 2023, Wali Kota Tangerang Bersiap Relokasi Pedagang

Sigit mengatakan, pihaknya memperkirakan puncak eksodus terjadi hari ini dan besok, Rabu (26/4). Namun, kata dia, volume kendaraan menurun sekitar 13 persen setelah pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan.

Kebijakan untuk mengatur kelancaran arus mudik antara lain pemberian diskon, rekayasa lalu lintas, dan regulasi terkait jalur keluar kendaraan. Rekayasa lalu lintas meliputi skema satu arah, contraflow, dan angka ganjil genap yang akan diterapkan secara situasional.

Baca juga:  Taklukan Kesebelasan Empang, Team Banteng Muda LHS Raih Juara 3 Pada Open Turnamen KNPI Mubar Cup II

“Alhamdulillah kemarin pemerintah juga mencanangkan untuk menghindari puncak eksodus dengan memberikan kesempatan kepada TNI-Polri, BUMN, dan PNS untuk menghindari eksodus, dengan memberikan cuti atau cuti tambahan, dan sebagainya,” ujarnya.

“Kemudian setelah itu Pak Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa kegiatan halalbihalal di masing-masing instansi akan digeser menjadi Senin pekan depan, bukan pekan ini,” tambah Sigit.

Baca juga:  Kapolda Jateng Menyampaikan Pesan Kebangsaan di Acara Orasi Cipayung Plus: Polri sebagai Sahabat Masyarakat

Sigit menjelaskan, kebijakan tersebut dapat mengurangi volume kendaraan menuju Jakarta. Semula diprediksi akan ada 203 ribu kendaraan yang menuju Jakarta selama eksodus ini.

“Tentunya masih ada sisa waktu yang bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga prediksi puncak eksodus 203 ribu bisa tersalurkan dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait