website statistics
29.4 C
Indonesia
Mon, 17 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Monday, 17 June 2024 | 12:13:20 WIB

Kerusakan Bendungan Pintu Air 10 Pasar Baru Memicu Krisis Suplai Air Bersih di Tangerang

Tangerang | detikNews – Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, melakukan kunjungan untuk meninjau kerusakan Bendungan Pintu Air 10 di Pasar Baru. Kerusakan ini diduga menjadi penyebab menurunnya suplai bahan baku air untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng, yang berdampak pada produksi air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang.

“Dari hasil pemeriksaan, ternyata 4 dari 10 pintu air mengalami kerusakan. Akibatnya, debit air Sungai Cisadane yang seharusnya ditampung, justru terus mengalir dan menyebabkan penurunan permukaan air karena debit air berkurang. Ini berdampak pada suplai bahan baku air untuk PDAM yang juga ikut menurun,” ujar Wali Kota dalam kunjungannya di Bendungan Pintu Air 10, Pasar Baru, pada Jumat Sore, (21/07).

Baca juga:  Peningkatan Zonasi PPDB, Pemkot Tangerang Gratiskan Biaya Pendidikan 146 Sekolah Swasta

Untuk mengatasi permasalahan ini, Arief meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS C2) selaku pengelola Bendungan Pasar Baru agar segera memperbaiki kebocoran yang ada di Pintu Air 10 tersebut.

“Tadi saya sudah berkomunikasi dengan Kepala BBWS C2, Pak Bambang Heri Mulyono, dan meminta agar perbaikan dilakukan sesegera mungkin,” tambahnya.

Baca juga:  Menolak Jaksa Agung dari Politikus, Calon Jaksa Ajukan Gugatan UU Kejaksaan ke MK

Wali Kota juga menyampaikan kekhawatiran akan menurunnya suplai air bersih untuk masyarakat jika masalah ini tidak segera ditangani, terutama saat memasuki musim kemarau.

Dalam upaya memastikan proses perbaikan berjalan dengan optimal dan cepat, Arief menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk terus berkoordinasi dengan BBWS C2 dan PDAM. Mereka diminta untuk melakukan inventarisasi dan fasilitasi sarana pendukung yang diperlukan.

“Kepada Kadis PU, harap mobilisasi petugas untuk membantu, dan terus lakukan koordinasi dengan PDAM. Selalu laporkan perkembangan terbaru dari proses perbaikan,” tegasnya.

Baca juga:  Kemenhub : Prediksi Arus Balik Masih Tinggi Hingga Senin Mendatang

Direktur Utama PDAM Tirta Benteng, Doddi Effendy, menjelaskan bahwa kerusakan di Pintu Air 10 berakibat pada penurunan produksi air bersih PDAM Tirta Benteng sebesar 40%. Tingginya air normalnya seharusnya di atas 13 meter, namun saat ini tinggal 10 meter saja, sehingga berdampak pada penurunan produksi hingga 60%.

Dengan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah kota dan kerjasama dari berbagai pihak terkait, diharapkan masalah ini dapat segera diatasi untuk memastikan pasokan air bersih yang memadai bagi masyarakat Kota Tangerang. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait