website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 27 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 27 July 2024 | 14:48:44 WIB

‘Teh Talua Instan’ Inovasi Keren Pertama Karya Mahasiswa

Jakarta | detikNews – Dalam Peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN), atau ‘Wolrd Egg Day’, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, pada Kamis 28/07/2022 mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar akan mempopulerkan berbagai kuliner khas daerah berbahan dasar ayam dan telur, yang salah satu diantaranya adalah ‘Teh Talua’.

Minuman khas Minang ini berbahan dasar teh, telur, dan jeruk nipis ini, terkenal akan khasiatnya dalam meningkatkan stamina tubuh. Tak heran, jika minuman ini banyak dikonsumsi untuk menangkal berbagai penyakit. Meski pembuatannya terkesan sederhana, sebagian orang kesulitan untuk menghilangkan bau amis pada minuman yang berasal dari telur mentah tersebut.

Dengan berbekal keinginan yang kuat untuk membuat teh talua dapat dikonsumsi masyarakat luas, dan lebih praktis, kelompok bisnis rintisan beranggotakan enam mahasiswa Universitas Pertamina (UPER), mengembangkan produk ‘Teh Talua’, instan pertama di Indonesia.

Enam orang Mahasiswa penerima Beasiswa UPER asal SMAN 1 Sumatera Barat tersebut adalah: Zikri Anugrah Harahap (Program Studi Teknik Perminyakan); Muhammad Irsyad (Teknik Logistik); M. Fadillah Jonia Putra (Teknik Mesin); Wike Elannisah (Ilmu Kimia); Rahma Audia Pertiwi (Teknik Lingkungan); dan Widian Wardina (Teknik Geologi).

Baca juga:  Bulan Dana 2023, Sinergi Dinas Pendidikan Kota Depok dan PMI untuk Kemanusiaan

Mendapatkan dukungan penuh dari kampus, kelompok bisnis rintisan, Mahasiswa ini berhasil mendapatkan bantuan permodalan, dan pembinaan dalam dua program sekaligus, yakni : Program Inkubasi Bisnis UPER dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 besutan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Zikri pendiri usaha tersebut mengatakan, bahwa produk kuliner Teh Talua Instan ini adalah inovasi produk Teh yang pertama di Indonesia.

“Usaha ini sebetulnya sudah saya dirikan pada tahun 2020 lalu, saat menginjak bangku SMA. Namun, pada saat itu belum banyak peluang yang dapat saya manfaatkan untuk mengembangkan usaha. Beruntungnya, saya berkuliah di UPER, sehingga bisa mendapatkan akses bantuan pembinaan dan permodalan mencapai hingga 22 juta rupiah”, ucap Zikri dalam wawancara daring, Senin 01/08/2022.

Zikri menabahkan, bahwa pada saat pengembangan produk, tak kurang dari seratus bungkus Teh Talua Instan telah ia uji cobakan kepada keluarga, guru, dan teman di sekolahnya.

Baca juga:  Gelar Webinar Nasional HMPS HKI UNISMA Tanggapi Isu Aktual Hukum Keluarga

“Respon mereka pada saat itu sangat positif. Bahkan mengatakan bahwa produk yang saya kembangkan ini meskipun praktis dan instan, namun tidak menghilangkan cita rasa dari Teh Talua”, ungkap Mahasiswa yang memiliki ketertarikan dibidang kuliner tersebut.

Irsyad Ketua Tim mengatakan, bahwa selain produksi dalam jumlah masif, produk Teh yang kini diberi label ‘Teh Telur’ tersebut, sedang mengajukan berbagai perizinan administrasi untuk dapat dijual secara legal.

“Nomor Induk berusaha (NIB) sudah kami kantongi. Saat ini, dibantu kampus, kami sedang dalam proses pengajuan dokumen Pajak, PIRT, Sertifikat Halal MUI, BPOM, dan HAKI”, papar Irsyad.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Selasa 12/07/2022 mengajak, institusi pendidikan tinggi untuk mendorong kemajuan Studentpreneur. Menurutnya, untuk menumbuhkan dan membangkitkan minat berwirausaha, Mahasiswa membutuhkan dukungan penuh dari Kampus.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina (UPER), Budi W. Soetjipto, Ph.D., mengatakan, bahwa dukungan terhadap pengembangan usaha mahasiswa diberikan secara penuh melalui berbagai program. Salah satunya, melalui progam Inkubasi Bisnis. Setidaknya 42 kelompok bisnis rintisan Mahasiswa telah mendapat bantuan pembinaan, dan pendanaan dari kampus.

Baca juga:  Temuan Tiga Titik Cadangan Minyak Baru oleh PHE, UPER Siapkan SDM Terlatih untuk Amankan Ketahanan Energi Nasional

“Kami juga senantiasa mendorong kelompok bisnis rintisan Mahasiswa, untuk mendapatkan bantuan akses permodalan dan pembinaan dari mitra eksternal, misalnya yang sudah berjalan Kemenpora dan Kemdikbudristek”, ungkap Budi.

Bagi siswa-siswi yang ingin membangun kewirausahaan, bisa bergabung di Universitas Pertamina (UPER) untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut sedang membuka pendaftaran non tes, yakni Seleksi Nilai Rapor (SNR) dan Seleksi Nilai UTBK untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id/
(Arifin)
——————————————-
Narahubung:
Ita M. Hanika – Manajer Humas Universitas Pertamina
No. HP: 0812 1972 8373
E-mail: [email protected]
——————————————-

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait