website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 17:00:08 WIB

Tingkatkan Kemampuan Tanggap Bencana, Damkar Depok Beri Pelatihan Warga

Depok | detikNews – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, memberikan Pelatihan Tanggap Bencana kepada perwakilan dari tiap kelembagaan, serta pendukung pelaksana Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Citayem Center tersebut diselenggarakan oleh Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Selasa 21/06/2022.

 

Ketua pelaksana kegiatan Nelson Da Silva mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya (Damkar-red) memberikan langkah-langkah, dan tindakan yang dapat dilakukan warga untuk mengantisipasi ketika terjadi bencana.

Baca juga:  DPRD Depok Setujui Raperda Perubahan Anggaran Tahun 2023

“Kami memberikan bekal dan edukasi, seperti langkah-langkah dalam mengantisipasi bencana maupun musibah”, Ujar Nelson yang juga sebagai Kabid Pencegahan dan Penyuluhan Damkar Kota Depok.

Menurutnya, bencana kebakaran adalah bentuk musibah yang bisa kapan saja terjadi di lingkungan, dan dengan adanya giat ini diharapkan warga dapat dengan cepat mengantisipasinya.

“Minimal ada tindakan dini yang dapat di lakukan warga”, pungkasnya.

Baca juga:  Diduga Melakukan Pekerjaan Pembuatan Pembatas Jalan DI.Pandjaitan Asal-asalan, GAKORPAN Bersama Awak Media Laporkan Temuan Kepada Plt.Bupati Pemalang

Sementara itu, Lurah Pondok Jaya Nurman Hakim menjelaskan, pelatihan tanggap bencana ini diprioritaskan untuk para Ketua RW, RT, Kader PKK, serta Karang Taruna, Kelurahan Pondok Jaya, yang rencananya akan di lakukan menjadi dua sesi, hari ini dan besok.

“Giat ini akan dilaksanakan dua sesi. Hari ini sesi pertama dan sesi keduanya hari Rabu, 22 Juni 2022”, ujar Nurman.

Lebih jauh dikatakannya, Ketua RW, RT, Kader PKK, dan Karang Taruna diprioritaskan sebagai peserta, karena mereka adalah ujung tombak yang secara langsung berdampingan dengan warga.

Baca juga:  Polres Metro Depok Bagikan 500 Paket Bansos untuk Masyarakat Terdampak Fluktuasi Harga Bahan Pokok saat Ramadan

“Semoga dalam pelatihan tanggap bencana ini bisa meningkatkan kapasitas, dalam upaya kesiapsiagaan, serta pengurangan resiko atau bencana dilingkungan masing-masing”, Harap Lurah Pondok Jaya.

Di tempat yang sama Camat Cipayung, Hasan Nurdin berharap, para peserta dapat mengaplikasikan wawasan yang didapat kepada warga Kelurahan Pondok Jaya.(Ron)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait