website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 14:51:20 WIB

Hadapi Perkembangan Zaman, Berbagai Inovasi Dikembangkan di Ponpes Yanmu NW Praya

Lombok Tengah,NTB | detikNews – Sebagai lembaga pendidikan yang besar dan terkemuka di Lombok Tengah, Pondok Pesantren Yanmu NW Praya terus berinovasi dan melakukan terobosan dalam bidang pendidikan. Hal ini disampaikan oleh Dr TGH Zainal Arifin Munir Lc MAg, selaku Pimpinan Pondok Pesantren Yanmu NW Praya.

Menurutnya, lembaga pendidikan tersebut harus lebih memprioritaskan pembelajaran Life Skill sebagai bekal bagi para santri dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin digital.

Untuk itu, Pondok Pesantren Yanmu NW Praya telah melakukan beberapa inovasi dan terobosan yang sesuai dengan perkembangan zaman, seperti mendirikan English Club yang diberi nama YES (Yanmu English School). Program YES ini bertujuan untuk mendukung keberadaan SMK Perhotelan yang ada di lingkup Pondok Pesantren Yanmu NW Praya serta menyiapkan para santri bila ada yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri.

Baca juga:  Jadi Irup MPLS di SMPN 1 Kisaran: Ini Pesan Wakil Bupati Asahan Kepada Siswa/Siswi Baru dan Tenaga Pendidik

“Program YES ini salah satu upaya pihak Ponpes dalam menyiapkan Para santri bila ada yang ingin melanjutkan studynya keluar negeri.” Ujar Kyai Zaenal Arifin Munir.

Selain itu, lanjutnya, Pondok Pesantren Yanmu NW Praya juga memiliki Kelompok Tahfidz yang telah menjadi icon Pondok Pesantren dan Kelompok Bahasa Arab yang merupakan kewajiban bagi para santri di lembaga tersebut. Pondok Pesantren Yanmu NW Praya bahkan tengah merancang sebuah kerjasama dengan salah satu organisasi wartawan yakni Komunitas Jurnalis Lombok Tengah (KJLT) untuk menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Jurnalis bagi para santri.

Baca juga:  Guncangan Gempa Magnitudo 4,4 Mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Dalam hal ini, TGH Arifin Munir juga berharap bahwa para santri di Pondok Pesantren Yanmu NW Praya tidak hanya mendapatkan ilmu agama, tetapi juga keahlian hidup agar mereka tidak mengalami kesulitan beradaptasi ketika berada di tengah-tengah masyarakat nantinya.

“Dengan adanya pembelajaran Life Skill, para santri akan lebih siap dan mampu bersaing di era digital yang semakin berkembang saat ini,” tandasnya.

Baca juga:  Makna Logo Hardiknas 2023, Bintang, Keceriaan, dan Pena sebagai Simbol Semangat Merdeka Belajar

TGH Arifin Munir juga menekankan pentingnya keahlian menulis yang baik dan merancang sebuah berita sebagai salah satu informasi yang valid dan faktual. Oleh karena itu, lembaga tersebut mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Jurnalis yang diharapkan dapat memberikan keahlian tersebut kepada para santri peserta. Dengan demikian, Pondok Pesantren Yanmu NW Praya terus berupaya menghasilkan generasi santri yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan, harap Pimpinan Ponpes Yanmu NW Praya.

(H. Syamsul Hadi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait