website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 18:11:28 WIB

STIkes Muhammadiyah Gunakan Cara Ini untuk Melawan Stunting dan Wabah di Aceh Besar

Banda Aceh | detikNews – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIkes) Muhammadiyah Aceh telah meluncurkan inisiatif pengabdian pada masyarakat pemula yang bertujuan untuk mengatasi masalah stunting dan wabah di wilayah Aceh Besar. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari program Pengabdian Hibah Kemdikbudristek pada tahun 2023.

Tim pelaksana kegiatan ini dipimpin oleh Sri Wahyuni, SST, MKM, dengan anggota tim lainnya seperti Dr. Eristono, S. Psi, M. Si, M. Pd, seorang psikolog, dan Suriani, SSi, M. Kes.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka kejadian stunting dan mencegah wabah dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi protein, khususnya protein hewani. Kami juga memberikan edukasi tentang penyakit menular dan mendorong perubahan pola hidup yang bersih dan sehat sebagai langkah pencegahan,” kata Ketua Pelaksana Sri Wahyuni melalui pernyataan resmi.

Baca juga:  Menyoal Piala Dunia U-20 : H. Muslim Ayub Tekankan Agar Gubernur Aceh Buat Surat Penolakan Kehadiran Timnas Israel

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu dan balita tentang manfaat makanan olahan yang bergizi dan berkualitas sebagai tambahan dalam pola makan sehari-hari. Selain itu, kami juga berusaha mengajarkan kepada mereka cara menghindari penyakit wabah. Selama kegiatan ini, kami juga menggunakan boneka jari sebagai alat edukasi untuk menarik minat balita dalam mengonsumsi makanan tinggi protein,” jelasnya, Kamis (15/09/2023)

Baca juga:  Calon Kepala Desa Suka Jadi Cabut Nomor Urut, Camat Meranti Minta Timses Jangan Saling Menjelekkan

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu dan balita yang terdampak oleh masalah stunting, serta kader posyandu di wilayah kerja puskesmas Darul Imarah Aceh Besar. Selama pelaksanaan kegiatan, terlihat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Hal ini tercermin dalam pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan minat balita dalam mendengarkan materi melalui media boneka jari.

Baca juga:  Daya Tarik Booth BPBA dalam KODAM IM EXPO 2023 di Banda Aceh

Selain memberikan pembelajaran kepada ibu-ibu di wilayah tersebut, harapannya adalah program Hibah PMP Kemdikbudristek dapat berlanjut untuk terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat. Dengan kerjasama yang kuat antara institusi pendidikan seperti STIkes Muhammadiyah Aceh dan pemerintah, kita dapat bersama-sama mengatasi masalah stunting dan wabah untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi anak-anak Aceh Besar. (Riz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait